Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aksi Balap Liar Marak Sehabis Subuh

Kompas.com - 05/08/2012, 09:23 WIB

Laporan Reporter Sonora S Jumar Sudiyana

JAKARTA,KOMPAS.com - Bulan Puasa seharusnya dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang bersifat positif, tetapi berbeda dengan anak-anak muda di Kawasan Duren Sawit Jakarta Timur yang malah mengisi kegiatan dengan aksi balap liar.

Salah satu lokasi aksi balap liar sering dilakukan di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, mulai selepas Layang Pondok Bambu hingga Putaran Arah SPBU Cipinang Jakarta Timur.

Aksi puluhan anak baru gede (ABG) tersebut sangat mengganggu bagi pengguna jalan yang melintas, selain suara knalpot yang bising, pengendara yang melintas juga khawatir tertabrak dari belakang.

Menurut Pras (23) ABG yang tinggal di sebuah komplek di Cipinang, Jakarta Timur,  dirinya datang ke lokasi balap liar sekedar menonton saja dan tidak berani ikutan. "Saya dan temen-temen datang hanya menonton saja bang tidak berani ikut ngebalap, biasanya para pebalap liar melakukan aksinya sehabis subuh pada hari minggu saja " ujarnya Minggu ( 5/8/2012 ).

Sepanjang pantauan SONORA para pebalap liar baru membubarkan diri setelah ada patroli dari petugas kepolisian.

Dihubungi terpisah di Perwira Piket Lantas Polres Jakarta Timur, AKP Wihartoyo mengatakan, pihaknya selalu beroperasi rutin setiap malam hingga pagi untuk memberantas aksi para pebalap liar ini. "Ini sudah amanat dari Kapolres dan Kapolda untuk memberantas balap liar, dan komitmen kami setiap malam hingga pagi walaupun terkadang mereka main kucing-kucingan " tuturnya.

Wihartoyo menambahkan, untuk titik rawan balap liar di Wilayah Jakarta Timur, ada di beberapa lokasi seperti Jl Pramuka Raya, Jl Bekasi Timur, Klender, Jl Taman Mini dan Jl Jenderal Basuki Rahmat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com