Kompas.com - 05/08/2012, 09:23 WIB
EditorErlangga Djumena

Laporan Reporter Sonora S Jumar Sudiyana

JAKARTA,KOMPAS.com - Bulan Puasa seharusnya dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan yang bersifat positif, tetapi berbeda dengan anak-anak muda di Kawasan Duren Sawit Jakarta Timur yang malah mengisi kegiatan dengan aksi balap liar.

Salah satu lokasi aksi balap liar sering dilakukan di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, mulai selepas Layang Pondok Bambu hingga Putaran Arah SPBU Cipinang Jakarta Timur.

Aksi puluhan anak baru gede (ABG) tersebut sangat mengganggu bagi pengguna jalan yang melintas, selain suara knalpot yang bising, pengendara yang melintas juga khawatir tertabrak dari belakang.

Menurut Pras (23) ABG yang tinggal di sebuah komplek di Cipinang, Jakarta Timur,  dirinya datang ke lokasi balap liar sekedar menonton saja dan tidak berani ikutan. "Saya dan temen-temen datang hanya menonton saja bang tidak berani ikut ngebalap, biasanya para pebalap liar melakukan aksinya sehabis subuh pada hari minggu saja " ujarnya Minggu ( 5/8/2012 ).

Sepanjang pantauan SONORA para pebalap liar baru membubarkan diri setelah ada patroli dari petugas kepolisian.

Dihubungi terpisah di Perwira Piket Lantas Polres Jakarta Timur, AKP Wihartoyo mengatakan, pihaknya selalu beroperasi rutin setiap malam hingga pagi untuk memberantas aksi para pebalap liar ini. "Ini sudah amanat dari Kapolres dan Kapolda untuk memberantas balap liar, dan komitmen kami setiap malam hingga pagi walaupun terkadang mereka main kucing-kucingan " tuturnya.

Wihartoyo menambahkan, untuk titik rawan balap liar di Wilayah Jakarta Timur, ada di beberapa lokasi seperti Jl Pramuka Raya, Jl Bekasi Timur, Klender, Jl Taman Mini dan Jl Jenderal Basuki Rahmat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.