Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasangan Jokowi-Ahok Terpopuler Di Media

Kompas.com - 05/08/2012, 21:26 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta kembali melakukan riset terhadap Indepensi Media Dalam Peliputan Pilkada DKI Jakarta 2012. Dari hasil riset ini, pasangan Jokowi-Ahok keluar sebagai pasangan terpopuler dalam segi pemberitaan.

"Ada 16 media yang dijadikan sampel oleh AJI dalam riset ini. Dari 16 media ini tercatat 3.448 berita," kata Ketua AJI Jakarta, Umar Idris, di Newseum Cafe, Jakarta, Minggu (5/8/2012).

Adapun 16 media ini terdiri dari empat media online yaitu Kompas.com, Detik.com, Vivanews dan Okezone, kemudian empat media cetak nasional yaitu Kompas, Koran Tempo, Republika dan Suara Pembaruan, media cetak lokal yaitu Warta Kota, Pos Kota, Indopos dan Koran Jakarta, serta empat stasiun televisi yaitu RCTI, Metro TV, TVOne dan JakTV.

Berdasarkan penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis isi sederhana, terhitung periode 1-31 Juli, dari 3.448 berita, sebanyak 599 berita membahas tentang pasangan Jokowi-Ahok. Jumlah ini mengalahkan pasangan Foke-Nara yang hanya mencatat sebanyak 471 berita.

Begitu pula dengan berita foto, pasangan Jokowi-Ahok menjadi terpopuler dengan jumlah 479 foto. Sementara pesaingnya pasangan Foke-Nara memiliki 354 foto yang tersebar pada 16 media.

Hasil riset periode ini berbeda dengan hasil riset sebelumnya yang dilakukan 16-30 Juni. Pada periode sebelumnya, pasangan Foke-Nara menjadi yang terpopuler pada pemberitaan media dengan jumlah 186 berita dan 147 foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com