Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-Ahok Paling Banyak Terima Pemberitaan Positif

Kompas.com - 05/08/2012, 22:10 WIB
Riana Afifah

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama atau Jokowi-Ahok paling banyak menerima pemberitaan positif dari berbagai media. Hal ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta pada periode 1-31 Juli 2012.

"Dari hasil riset menunjukkan, Jokowi-Ahok menerima pemberitaan positif paling banyak. Ada 441 berita yang memuat berita bernada positif," kata Ketua AJI Jakarta Umar Idris, Minggu (5/8/2012) di Jakarta Selatan.

Pemberitaan positif mengenai pasangan Jokowi-Ahok ini banyak muncul di media online, seperti Kompas.com, Detik.com, Okezone, dan Vivanews. AJI mencatat pemberitaan negatif mengenai pasangan nomor urut tiga ini berjumlah 40 berita.

Sementara itu, pesaingnya pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012, yaitu Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara), mengantongi 278 berita positif dan 98 berita bernada negatif. "Untuk pemberitaan bernada negatif, pasangan Foke-Nara mendominasi dibanding Jokowi-Ahok," ujar Umar.

Jokowi-Ahok juga memperoleh jumlah terbanyak dalam hal pemberitaan netral, yakni 97 berita. Adapun Foke-Nara dipublikasikan dalam 78 berita bernada netral pada periode ini.

Pada riset periode 16-30 Juni 2012, pemberitaan positif justru didominasi oleh pasangan Hendardji Soepandji dan Ahmad Riza Patria. Pasangan Jokowi-Ahok hanya mengantongi 102 berita positif dan 21 berita negatif. Adapun berita pasangan Foke-Nara cukup berimbang pada periode Juni ini. "Pemberitaan positifnya tercatat 35 berita dan berita negatifnya tercatat 30 berita," kata Umar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com