Kompas.com - 06/08/2012, 14:32 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) bersama dengan 9 bank umum melakukan kegiatan kas keliling di lapangan Monumen Nasional (Monas). Selama dua pekan permulaan dan baru dibuka hari ini, masyarakat sudah menukar uang pecahan sebesar Rp 6,6 miliar.

Deputi Gubernur BI Ronald Waas menjelaskan periode kas keliling di Monas sebenarnya mulai dilakukan sejak 23 Juli lalu. Hingga hari ini, jumlah penukar mencapai 2.700 orang dengan rata-rata penukar 400 orang perhari. "Nilai penukaran uangnya mencapai Rp 6,6 miliar. Jumlahnya akan terus meningkat sampai akhir minggu ketiga Ramadhan," kata Ronald saat ditemui di lapangan Monas Jakarta, Senin (6/8/2012).

Menurut Ronald, pecahan yang paling diminati adalah Rp 10.000, Rp 5.000 dan Rp 2.000. Untuk efisiensi dan kelancaran penukaran, BI serta bank-bank lain menciptakan sistem paket penukaran mulai dari paket Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. "Ini akan mempercepat dan lebih efektif saat penukaran," tambahnya.

Ronald memperkirakan dalam minggu ketiga Ramadhan, jumlah penukar di Monas bisa mencapai 1.000 orang per hari. Namun di minggu terakhir biasanya jumlah penukar sudah mulai menurun kembali.

Pelaksanaan penukaran uang pecahan ini akan berlangsung hingga 16 Agustus 2012. Pelaksanaan penukaran uang di Monas ini sebenarnya hanya pelengkap karena kantor-kantor bank juga melayani penukaran.

Selain di Monas dan di masing-masing bank, penukaran uang juga dilakukan di 5 stasiun kereta api (Gambir, Tanah Abang, Kota, Jatinegara dan Senen. Begitu juga akan keliling di pasar trandisional dan pasar modern. "Tapi hingga saat ini, masyarakat lebih senang datang ke pusat keramaian seperti Monas, karena mudah dijangkau dan dapat menghindarkan masyarakat dari penukaran yang tidak resmi," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X