Kompas.com - 06/08/2012, 16:08 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Demi mengurangi tingkat kecelakaan kendaraan jelang libur Lebaran 2012, Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) mengadakan tes urine kepada sopir bus yang mengangkut pemudik. Kerja sama ini dilakukan untuk mencegah sopir yang berada di bawah pengaruh obat-obatan agar tidak membawa dan menyebabkan bahaya penumpang.

"Kami juga akan bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk menggelar tes urine bagi para pengemudi nantinya," kata Kepala Terminal Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) Kalideres Hengky Sitorus di Jakarta, Senin (6/8/2012) siang.

Menurutnya, tes urine dilakukan bagi para awak bus demi keselamatan penumpang. Jika para awak bus positif menggunakan obat-obat terlarang, maka akan ditindak tegas. Mereka yang positif nantinya tidak akan diizinkan mengemudi karena membahayakan penumpang.

"Untuk waktu tesnya belum ditentukan, tapi mungkin H-7 menjelang Lebaran. Untuk tahun kemarin juga sudah ada melakukan tes urine untuk mengetahui sopir yang menggunakan narkoba, tetapi semua hasilnya negatif " ungkapnya.

Namun demi keamanan dan kenyamanan bagi para calon pemudik, pihaknya akan bekerjasama dengan kepolisian, Jasa Raharja, PMI, Pramuka, dan Dinas Kesehatan untuk membuat posko-posko mudik di area terminal.

Terminal Kalideres pada tahun 2011 melayani 54.648 pemudik menjelang Lebaran. Mayoritas penumpang bertujuan ke wilayah Jawa, Bali, dan Sumatera. Armada paling jauh yang disediakan terminal Kalideres bertujuan ke Aceh yang memakan waktu sekitar 3 hari. Sementara pada H+7, terminal Kalideres mengangkut penumpang sebanyak 19.100 orang.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.