Kompas.com - 07/08/2012, 14:54 WIB
|
EditorRusdi Amral

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikrar damai kasus perundungan (bullying) di SMA Don Bosco, pondok Indah, Jakarta Selatan berlangsung molor. Acara ini semula akan digelar hari ini, Selasa (7/8/2012) pukul 11.00. Namun hingga pukul 14.30 proses mediasi masih berjalan. Belum ada kepastian pukul berapa ikrar ini akan digelar.

"Saya masih di dalam, lagi memberikan pengarahan ke orangtua, siswa dan pihak sekolah," tutur Ihsan, Sekretaris Komisi Perlindungan Anak Indonesia melalui pesan pendeknya,  kepada Kompas.

Mediasi saat ini berlangsung di aula sekolah tersebut. Selain Ihsan hadir Seto Mulyadi dari Komisi Nasional Perlindungan Anak, perwakilan Kementerian Sosial, siswa kelas 12, siswa kelas 10, dan para guru. Selain ikrar damai, rencananya acara ini dilanjutkan dengan pencabutan laporan oleh keluarga korban. Acara ini bagian dari upaya penyelesaian kasus perundungan dengan pendekatan restorative justice, penyelesaian di luar ranah pidana.

"Mudah-mudahan bisa berjalan lancar," kata Ihsan. Sebelumnya, polisi mencatat ada tujuh siswa yang mengalami perundungan pada hari Selasa (23/7/2012) lalu. Peristiwa ini diduga dilakukan enam siswa senior dan satu mantan siswa yang diberhentikan. Polisi lalu menetapkan tujuh tersangka siswa kelas 12 sebagai pelaku perundungan. Lantarasan desakan masyarakat, kasus ini dibawa ke luar ranah pidana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.