Kompas.com - 07/08/2012, 17:33 WIB
|
EditorFarid Assifa

SOLO, KOMPAS.com — Calon gubernur Jakarta yang juga Wali Kota Solo Joko Widodo sempat kaget dan marah mendengar isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) terkait dengan Pilkada DKI yang menyerang ibunya.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menegaskan bahwa bapak dan ibunya sudah haji sejak dua belas tahun yang lalu.

Jokowi pun menyerahkan semuanya kepada Panwaslu untuk menangani kasus tersebut dan dirinya siap apabila dipanggil Panwalsu terkait dengan isu SARA yang menyerang orangtuanya.

Menurut dia, seorang politikus harus memberikan pembelajaran yang baik bagi masyarakat dan mencerdaskan masyarakat dengan cara bersikap secara kritis terhadap visi, program, dan solusi setiap calon pemimpin, dan bukan membahas tentang permasalahan pribadi yang belum tentu benar.

"Saya siap saja apabila dipanggil Panwaslu dan, menurut saya, seorang politikus harus memberikan pembelajaran yang benar bagi masyarakat," katanya.

Jokowi juga mengatakan pernah membicarakan kepada semua keluarganya bahwa dalam politik segala bentuk teror, terutama terkait dengan Pilkada DKI yang dia ikuti, akan berimbas kepada keluarganya. Jokowi pun mengatakan kepada keluarganya untuk bersabar dalam menghadapinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.