Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Probolinggo Berpuasa di Srilanka

Kompas.com - 08/08/2012, 15:37 WIB
Kontributor Probolinggo, Ahmad Faisol

Penulis

PROBOLINGGO, KOMPAS.com -- Beberapa hari di Bulan Ramadhan ini, Wali Kota Probolinggo, Jawa Timur, HM Buchori bersama sejumlah pejabat dan kepala sekolah, melaksanakan ibadah puasa di luar negeri, yakni Srilanka.

Buchori berada di Srilanka dari 5 hingga 9 Agustus 2012. Tapi, acara ke luar negeri tersebut bukan untuk safari Ramadhan, melainkan studi banding terkait sanitasi kota dan lingkungan.

Hal itu dikatakan Kepala Bagian Humas dan Protokol Gatot Wahyudi, Rabu (8/8/2012). Menurutnya, ada 13 orang yang ke Srilanka. Di antaranya, Wali Kota HM Buchori, Kepala BLH Budi Krisyanto, Direktur RSUD dr Bambang Agus Suwignyo, Kepala Dinas Pendidikan Endro Suroso, dan sejumlah kepala SMK, SMA dan SMP.

"Pak Wali dan para pejabat serta kepala sekolah tersebut, melakukan studi dan kunjungan balasan terkait dengan kerja sama bidang lingkungan. Persisnya, manajemen sampah dan sanitasi kota, kesehatan lingkungan sekolah, dan kesehatan lingkungan masyarakat," jelasnya.

Tapi, Gatot tidak menjelaskan studi banding tersebut dilakukan ke kota mana di Srilanka. Yang jelas, kata Gatot, beberapa waktu lalu, ada seorang wali kota dari negara Srilanka yang bekerja sama dengan belajar tentang lingkungan di Kota Probolinggo.

Gatot menambahkan, wali kota dari Srilanka tersebut mendapatkan informasi bahwa Kota Probolinggo sering meraih penghargaan di bidang lingkungan dan dikenal sebagai Kota Seribu Taman.

"Kota Probolinggo sudah meraih Adipura dan Adiwiyata 5 kali berturut-turut. Di sini penghijauan dan keindahan lingkungannya mulai dilirik negara luar," tukasnya.

Disinggung soal biaya perjalanan ke luar negeri tersebut, Gatot mengatakan bahwa dananya dari masing-masing pejabat dan kepala sekolah yang ikut, tapi tetap bersumber dari APBD karena kunjungan ke Srilanka tersebut perjalanan dinas resmi. "Tapi, Insya Allah Pak Wali dan rombongannya yang muslim tetap berpuasa," seloroh Gatot.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com