Kompas.com - 08/08/2012, 17:24 WIB
|
EditorAna Shofiana Syatiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca Pilkada putaran awal pada 11 Juli 2012 lalu, isu-isu bernuansa Suku, Agama, dan Ras (SARA) makin kencang berhembus. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Foke menegaskan dirinya tidak memberi ruang bagi pihak manapun menebarkan isu SARA.

Foke mengingatkan warga Jakarta agar membangun kebersamaan dan perdamaian di Ibukota Jakarta. Sebab hal itu dinilai sebagai modal terhadap perekonomian kota ke arah kemajuan.

"Saya katakan dengan tegas bahwa di negara Pancasila dan di Ibukota negara Indonesia, yakni Jakarta, di dalam UUD 1945 jelas tidak ada ruang terkait isu SARA," kata Foke seusai menerima undangan bertemu para pendeta dari pelbagai gereja di Gedung Gereja Baru GBI, Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (8/8/2012).

Foke menyerukan untuk tidak memberikan ruang bagi isu SARA. Ia mengajak agar para warga Jakarta dan para pendeta untuk bersama-sama menghadirkan iklim perdamaian.

Selain itu, Foke mengklaim, selama lima tahun ini dirinya menjabat sebagai gubernur, tiada satu kejadian pun yang membikin umat beragama tertentu tidak bisa beribadah dengan tenang. Foke berharap Jakarta bisa lebih maju, aman dan makin sejahtera. Sebab perdamaian mendukung perekonomian kota Jakarta tumbuh berkembang.

"Saya ingin mengajak seluruh umat Nasrani supaya berpikir rasional dan cerdas. Apabila dalam lima tahun ini memberikan dampak buruk, saya tidak mencalonkan diri sebagai gubernur," ujarnya.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.