Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Tiada Ruang Bagi Isu SARA

Kompas.com - 08/08/2012, 17:24 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca Pilkada putaran awal pada 11 Juli 2012 lalu, isu-isu bernuansa Suku, Agama, dan Ras (SARA) makin kencang berhembus. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo atau Foke menegaskan dirinya tidak memberi ruang bagi pihak manapun menebarkan isu SARA.

Foke mengingatkan warga Jakarta agar membangun kebersamaan dan perdamaian di Ibukota Jakarta. Sebab hal itu dinilai sebagai modal terhadap perekonomian kota ke arah kemajuan.

"Saya katakan dengan tegas bahwa di negara Pancasila dan di Ibukota negara Indonesia, yakni Jakarta, di dalam UUD 1945 jelas tidak ada ruang terkait isu SARA," kata Foke seusai menerima undangan bertemu para pendeta dari pelbagai gereja di Gedung Gereja Baru GBI, Mawar Saron, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (8/8/2012).

Foke menyerukan untuk tidak memberikan ruang bagi isu SARA. Ia mengajak agar para warga Jakarta dan para pendeta untuk bersama-sama menghadirkan iklim perdamaian.

Selain itu, Foke mengklaim, selama lima tahun ini dirinya menjabat sebagai gubernur, tiada satu kejadian pun yang membikin umat beragama tertentu tidak bisa beribadah dengan tenang. Foke berharap Jakarta bisa lebih maju, aman dan makin sejahtera. Sebab perdamaian mendukung perekonomian kota Jakarta tumbuh berkembang.

"Saya ingin mengajak seluruh umat Nasrani supaya berpikir rasional dan cerdas. Apabila dalam lima tahun ini memberikan dampak buruk, saya tidak mencalonkan diri sebagai gubernur," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com