Kompas.com - 09/08/2012, 10:52 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com — Rekaman video milik salah satu stasiun televisi swasta menangkap sindiran Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo terhadap Wali Kota Solo Joko Widodo yang menjadi pesaingnya dalam Pilkada DKI Jakarta. Foke sempat menanyakan soal pilihan warga pada pilkada kali ini kepada para pengungsi korban kebakaran di Kalimati, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Tim sukses Foke-Nara menilai pernyataan Foke tersebut adalah gaya bercanda Foke kepada warga. "Soal dialognya dengan warga seperti yang dimuat di berita itu lebih kepada Pak Fauzi bercanda dengan warga. Inilah bentuknya beliau merasa dekat dengan warga sehingga beliau tetap tampil apa adanya walaupun ada kamera," ujar Ketua Media Center Foke-Nara, Kahfi Siregar, Kamis (9/8/2012) saat dihubungi wartawan.

Ia menjelaskan bahwa saat itu Foke tidaklah sedang berkampanye. Dia hadir di lokasi pengungsian itu sebagai Gubernur. "Mungkin ini dimaknai berbeda bagi orang yang tidak berada di sana, memang mungkin salah arti. Tapi yang jelas itu komunikasi dari hati ke hati dengan warga, mengenai solusi ke depan tentang pembangunan rumah yang akan dibangun secara rapi dan memadai, sehingga warga dapat hidup lebih baik dan lebih layak," kata Kahfi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pernyataan kontroversial kembali dilontarkan Fauzi Bowo. Kali ini, Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, melontarkan pernyataan yang menyindir Joko Widodo saat berkunjung ke lokasi pengungsian korban kebakaran Kalimati, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Selasa (7/8/2012).

Sindiran sang Gubernur ini bahkan terekam kamera video salah satu stasiun televisi swasta. Video tersebut juga diunggah ke YouTube dan memancing komentar warga. Di dalam video berjudul "Kunjungi Warga Karet Tengsin (musibah kebakaran, foke justru berkampanye)" itu, Foke bertanya kepada warga perihal pilihan warga dalam Pilkada DKI putaran kedua. "Sekarang lo nyolok siapa? Kalo nyolok Jokowi, mending mah bangun di Solo aja," kata Foke.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.