Kompas.com - 09/08/2012, 13:35 WIB
Penulis Riana Afifah
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Panitia Pengawas Pemilu DKI Jakarta menyatakan bahwa pernyataan kontroversial dari petahana Fauzi Bowo saat mengunjungi korban kebakaran Karet Tengsin, Jakarta, Selasa (7/8/2012), dapat dikategorikan melanggar etika komunikasi politik.

Ketua Panwaslu DKI Jakarta Ramdansyah mengatakan, para calon gubernur atau tim kampanye diperbolehkan melakukan kegiatan keseharian atau kegiatan politik. Tidak hanya itu, para calon atau tim kampanye juga dapat menyampaikan pernyataan politik selama sesuai dengan aturan.

"Selama statement politik itu tidak mengajak untuk memilih yang bersangkutan dan memaparkan visi misi, ya, sah saja," kata Ramdansyah saat dihubungi, Kamis (9/8/2012).

Namun, meski statement tersebut keluar dari kaidah politik, hal itu tidak bisa begitu saja disebut sebagai pelanggaran pilkada. Harus dilihat terlebih dahulu unsur-unsurnya. "Komunikasi politik yang tidak tepat dengan membuat kalimat sumir kepada masyarakat dapat saja dikategorikan pelanggaran etika dalam politik," kata Ramdansyah.

Sayangnya, untuk kategori pelanggaran etika politik ini, Panwaslu DKI Jakarta tidak dapat berbuat banyak karena bukan merupakan domain kerjanya. Ramdansyah menjelaskan bahwa domain Panwaslu DKI Jakarta adalah ketika masuk ke dalam kampanye di luar jadwal yang semua unsur terpenuhi.

"Pidana Pilkada itu jika perbuatannya melanggar UU Nomor 32 Tahun 2004 khususnya Pasal 116 dan Pasal 120," ungkapnya.

Kendati demikian, Panwaslu DKI Jakarta tidak akan menutup diri jika ada masyarakat yang melaporkan terkait video rekaman Fauzi Bowo yang dengan jelas menyindir pesaingnya, yaitu Joko Widodo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.