Kompas.com - 09/08/2012, 14:03 WIB
|
EditorFarid Assifa

DEMAK, KOMPAS.com -- Menjelang arus mudik Lebaran, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Demak, Jateng, melakukan inspeksi mendadak ke terminal Bintoro Demak untuk mengecek kelaikan kendaraan angkutan umum, Kamis (9/8/2012).

Setiap bus yang masuk terminal, baik AKAP maupun AKDP, diperiksa secara seksama oleh tujuh petugas Dishubkominfo Demak. Pemeriksaan meliputi fungsi rem, lampu depan dan belakang, lampu riting, kaca spion, klakson, ban dan onderstel. Tidak hanya bus, mobil angkutan pedesaan yang melayani rute sejumlah daerah di Demak juga diperiksa kelaikannya.

Dalam sidak tersebut, petugas banyak menemukan pelanggaran, terutama lampu yang mati, baik lampu rem, richting maupun lampu jarak jauh. Bahkan ada pula mobil yang menggunakan ban vulkanisir yang dianggapnya berbahaya.

Kepala Bidang Pengawasan dan Pengendalian Operasional, Dishubkominfo Demak Masruh menjelaskan, pemeriksaan kendaraan pada hari ini baru tahap sosialisasi untuk menyiapkan angkutan lebaran yang memenuhi syarat, sehingga pemudik yang memanfaatkan angkutan umum merasa nyaman dan selamat sampai tempat tujuan.

Karena masih bersifat sosialisasi, apabila ditemukan pelanggaran, awak bus tidak dikenai sanksi. Mereka hanya diwajibkan segera memperbaikinya saat itu juga, juga diminta membuat surat pernyataan agar tidak mengulanginya.

"Hari ini tidak ada penindakan, namun apabila H-7 masih melanggar, maka kami tidak segan-segan menilang atau memaksa awak bus pulang kandang," tegasnya.

Lebih lanjut, Masruh menjelaskan, jumlah bus yang masuk ke terminal Bintoro Demak setiap harinya mencapai 90-110 kendaraan, yang terdiri dari bus AKAP sebanyak 25-30 kendaraan dan bus AKDP 65-80 kendaraan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.