Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Ruang SD Rangperang Terbakar

Kompas.com - 09/08/2012, 15:49 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

PAMEKASAN, KOMPAS.com -- Empat ruang kelas Sekolah Dasar Rangperang Daja I, Kecamatan Proppo, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, Kamis (9/8/2012) terbakar. Kebakaran diketahui saat warga sekitar baru pulang dari pasar.

Kejadian itu kemudian dilaporkan kepada kepala desa setempat, yang selanjutnya diumumkan melalui pengeras suara kepada warga lainnya. Warga yang mendengar kebakaran, langsung berbondong-bondong mendatangi lokasi kejadian sambil membawa air seadanya.

Maimun Zubari (49), warga setempat mengatakan, api berawal dari sebelah timur gedung sekolah. Diduga ada warga yang membakar rumput dan runtuhan dedaunan, sehingga api merembet ke sekitar gedung sekolah, dimana di bagian belakang sekolah terdiri dari semak-semak dan pohon jati.

"Api awalnya dari timur kemudian membakar semak-semak di belakang sekolah. Setelah itu langsung membakar bagian jendela dan terus merembet ke bagian atap," jelas Maimun.

Karena cuaca sedang kemarau, api cepat membesar. Beruntung mobil pemadam kebakaran cepat datang. "Air milik warga tidak mempan untuk mematikan api, sebab hanya menggunakan cara tradisional. Beruntung ada mobil pemadam kebakaran datang," imbuh Maimun.

Empat ruang kelas di bagian belakang semuanya hangus. Barang-barang berharga yang ada di ujung timur ruangan, berhasil diselamatkan, seperti komputer, buku perpustakaan dan dokumen sekolah lainnya.

"Siswa-siswi yang berdekatan dengan sekolah ini juga datang berbondong-bondong untuk menyelamatkan barang-barang di dalam kantor," ungkap pria yang juga tokoh masyarakat setempat ini.

Untuk menyelamatkan barang-barang di dalam ruangan, terpaksa warga harus merusak pintu kamar. Untuk sementara, empat ruang kelas yang terbakar tidak bisa dipakai. "Ini tidak bisa ditempati sementara, karena gentingnya ambruk dan kayunya yang besar-besar sudah terbakar," pungkas Maimun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com