Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eva: Foke Intimidasi Korban Kebakaran

Kompas.com - 09/08/2012, 19:07 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo alias Foke dinilai telah mengintimidasi korban kebakaran Karet Tengsin dengan pernyataannya menyuruh "nyolok" di Solo jika memilih Jokowi. Sebagai pemimpin, Foke seharusnya mengutamakan kebutuhan para korban ketimbang kebutuhan pribadi.

"Rakyat yang sedang menderita dan butuh perlindungan malah jadi tumpahan kemarahan, intimidasi, dan ejekan. Tentu korban kecewa karena gubernur fokus pada pilkada," ucap politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Eva Kusuma Sundari saat dihubungi, Kamis (9/8/2012).

Menurut Eva, Foke telah dikuasai oleh kepentingan pribadinya. Akibatnya, Foke kehilangan empati terhadap para korban kebakaran.

Eva mengatakan, sikap itu menyiratkan bahwa Foke menggunakan jabatannya sebagai gubernur untuk kepentingan kampanye menghadapi putaran kedua.

"Itu sangat memprihatinkan karena pernyataan itu amat tidak relevan dan bukan termasuk agenda kunjungan," ujar Eva.

Foke sendiri enggan berkomentar mengenai pernyataannya saat bertanya kepada korban kebakaran perihal pilihan dalam Pilkada DKI putaran kedua. "Sekarang lo nyolok siapa? Kalo nyolok Jokowi, mending mah bangun di Solo aja."

Adapun tim sukses Foke-Nachrowi Romli menyebut Foke hanya bercanda.

"Soal dialognya dengan warga seperti yang dimuat di berita itu lebih kepada Pak Fauzi bercanda dengan warga. Inilah bentuknya beliau merasa dekat dengan warga sehingga beliau tetap tampil apa adanya walaupun ada kamera," ujar Ketua Media Center Foke-Nara, Kahfi Siregar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com