Kompas.com - 09/08/2012, 21:59 WIB
Penulis Lasti Kurnia
|
EditorRobert Adhi Ksp

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 183 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yang diantaranya adalah pengemis dan gelandangan dipulangkan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Pemulangan dilaksanakan siang tadi dari Panti Sosial Insan Bangun Daya I, Kedoya, Jakarta Barat. Mereka yang dipulangkan adalah PMKS asal Jawa Tengah sebanyak 97 orang dan asal Jawa Barat sebanyak 86 orang.

Mereka sebelumnya dibina di tiga panti di Jakarta Barat, yaitu Panti Sosial Bina Insani (PSBI) Kedoya, PSBI Ceger, dan PSBI Cengkareng. Pemulangan dilakukan menjelang hari Raya Idul Fitri agar para PMKS dapat sekaligus merayakan Lebaran bersama sanak saudara di kampung halaman. Setelah itu, mereka diharapkan dapat bekerja dan membangun desanya.

Pemulangan ini juga untuk menekan jumlah kaum urban yang datang ke jakarta dalam kondisi tidak mempunyai keahlian dan pekerjaan. Dengan tidak adanya pekerjaan tetap, kaum urban ini akan menjadi masalah sosial di Jakarta.

Sebelum dipulangkan para PMKS dibina terlebih dahulu dengan melibatkan psikolog dan polisi. Setelah dipulangkan, di daerah asal, PMKS akan diserahkan ke Pemda masing-masing.

Di sana mereka masuk terlebih dahulu ke panti sosial di daerah masing-masing yang menjadi rekanan Dinas Sosial DKI Jakarta. Setelah dianggap siap menjadi pribadi yang mandiri maka akan dikembalikan ke masyarakat. PMKS asal Jawa Barat akan dikirim ke Panti Sosial di Palimanan, Cirebon. Sementara, PMKS dari Jawa Tengah akan dikirim ke Comal, Pekalongan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.