Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Dipulangkan

Kompas.com - 09/08/2012, 21:59 WIB
Lasti Kurnia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 183 orang Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), yang diantaranya adalah pengemis dan gelandangan dipulangkan oleh Dinas Sosial DKI Jakarta, Kamis (9/8/2012).

Pemulangan dilaksanakan siang tadi dari Panti Sosial Insan Bangun Daya I, Kedoya, Jakarta Barat. Mereka yang dipulangkan adalah PMKS asal Jawa Tengah sebanyak 97 orang dan asal Jawa Barat sebanyak 86 orang.

Mereka sebelumnya dibina di tiga panti di Jakarta Barat, yaitu Panti Sosial Bina Insani (PSBI) Kedoya, PSBI Ceger, dan PSBI Cengkareng. Pemulangan dilakukan menjelang hari Raya Idul Fitri agar para PMKS dapat sekaligus merayakan Lebaran bersama sanak saudara di kampung halaman. Setelah itu, mereka diharapkan dapat bekerja dan membangun desanya.

Pemulangan ini juga untuk menekan jumlah kaum urban yang datang ke jakarta dalam kondisi tidak mempunyai keahlian dan pekerjaan. Dengan tidak adanya pekerjaan tetap, kaum urban ini akan menjadi masalah sosial di Jakarta.

Sebelum dipulangkan para PMKS dibina terlebih dahulu dengan melibatkan psikolog dan polisi. Setelah dipulangkan, di daerah asal, PMKS akan diserahkan ke Pemda masing-masing.

Di sana mereka masuk terlebih dahulu ke panti sosial di daerah masing-masing yang menjadi rekanan Dinas Sosial DKI Jakarta. Setelah dianggap siap menjadi pribadi yang mandiri maka akan dikembalikan ke masyarakat. PMKS asal Jawa Barat akan dikirim ke Panti Sosial di Palimanan, Cirebon. Sementara, PMKS dari Jawa Tengah akan dikirim ke Comal, Pekalongan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com