Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Mudik Terminal Lebak Bulus H-4 dan H-3

Kompas.com - 10/08/2012, 19:43 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak Terminal Bus Antarkota Lebak Bulus memperkirakan puncak arus mudik Lebaran tahun ini akan terjadi pada Kamis (16/8) dan Jumat (17/8) atau H-4 dan H-3. Selain merujuk pada pengalaman tahun-tahun sebelumnya, perkiraan ini juga mengacu pada masa liburan kantor pemerintahan dan perusahaan yang akan dimulai pada kedua tanggal tersebut.

"Puncak arus mudik kami perkirakan jatuh pada H-4 dan H-3," kata Wakil Kepala Terminal Bus Antarkota Lebak Bulus Suwarto saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (10/8/2012).

Dari sisi tujuan keberangkatan, terang dia, penumpang dengan daerah tujuan Jawa Tengah biasanya memiliki jumlah terbesar, diikuti Jawa Barat dan Jawa Timur. Sementara daerah lain volume penumpangnya relatif lebih kecil.

"Biasanya daerah tujuan yang paling padat itu ke arah Purwokerto, Wonosobo, Banjarnegara, Magelang, Cilacap, dan Kuningan," ujar Suwarto.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya sudah berkoordinasi dengan 65 perusahaan operasi (PO) bus yang berpangkalan di Terminal Lebak Bulus. Hasilnya, dipastikan ada 140 bus cadangan yang siap dioperasikan bila terjadi lonjakan penumpang.

"Ada 140 bus yang siap. Begitu ada kebutuhan, kita langsung panggil untuk memberangkatkan penumpang," sambung Suwarto.

Posko terpadu pemantauan arus mudik sudah didirikan di terminal antarkota yang akan mulai dialihfungsikan tahun ini. Posko tersebut akan mulai difungsikan Sabtu (11/8/2012) besok hingga H+7 atau 27 Agustus mendatang.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com