Kompas.com - 10/08/2012, 20:46 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

BANDUNG, KOMPAS.com -- Indonesia memastikan diri untuk berpartisipasi dalam event street soccer internasional, Homeless World Cup 2012 di Meksiko, Oktober mendatang. Seperti partisipasi perdana tahun sebelumnya, pemain yang positif HIV tetap menjadi komposisi tim.

Hal tersebut dipastikan oleh manajer timnas Indonesia, Febby Arhemsyah, dalam acara temu media sembari berbuka puasa di Bandung, Jumat (10/8/2012). Komposisinya adalah empat ODHA (orang dengan HIV/AIDS), satu orang peserta terapi metadon, dan tiga orang dari komunitas miskin kota. Komposisi ini tidak jauh berbeda dengan tim yang berpartisipasi di tahun sebelumnya di Paris, Perancis.

"Kami tetap dengan isu yang kami bawa tahun lalu, meningkatkan kesadaran publik mengenai HIV," kata Febby.

Para pemain timnas street soccer berasal dari berbagai daerah, yakni Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi Selatan. Manajer dan Pelatih berasal dari Jawa Barat.

Homeless World Cup merupakan kompetisi street soccer yang sudah berlangsung sejak tahun 2003 di Austria. Salah satu misinya adalah menggunakan sepak bola untuk mempersatukan tunawisma dari seluruh dunia untuk program perbaikan. Sejak partisipasi di Paris tahun 2011, Indonesia membuat kejutan dengan memboyong pemain ODHA dan keluar dengan peringkat keenam, menjadi pendatang baru terbaik dan kapten tim, Ginan Koesmayadi, menjadi pemain terbaik.

Penyelenggaraan tahun 2012 akan dilakukan tanggal 6-14 Oktober. Menurut jadwal, persiapan bakal digelar hingga pertengahan September 2012.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.