Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PKS Dukung Foke, Jokowi Ajak Warga

Kompas.com - 12/08/2012, 03:25 WIB

Jakarta, Kompas - Partai Keadilan Sejahtera akan mengarahkan dukungan kepada pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah DKI Jakarta putaran kedua, 20 September mendatang.

Sebelumnya, langkah politik serupa juga diambil Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Golongan Karya (Golkar). Kedua partai ini juga mendukung Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi yang diajukan Partai Demokrat dan sejumlah partai lain.

Dalam Pilkada DKI putaran pertama, 11 Juli lalu, pasangan Fauzi-Nachrowi menempati urutan kedua dengan mengantongi 1.476.648 suara (34,05 persen). Posisi teratas diraih pasangan Joko Widodo (Jokowi)Basuki Tjahaja Purnama yang diajukan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 1.847.157 suara (42,6 persen).

”Keputusan ini tidak tiba-tiba, tapi melalui proses panjang agar dapat memastikan suara kami bulat. Kami sudah menemui Pak Jokowi dan Pak Fauzi. Sayangnya, Pak Jokowi tidak memberi jawaban mengenai penyamaan program dan agenda. Kami menunggu dan belum mendapat jawaban. Sementara kami harus cepat mengambil keputusan sebelum Lebaran,” tutur Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq, Sabtu (11/8), saat menggelar jumpa pers di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Harus tunduk

Luthfi juga menegaskan bahwa keputusan ini tidak didasari pada mahar (mas kawin) berupa uang dan posisi jabatan. Dukungan diberikan karena berbasis program pembangunan.

Seiring dengan adanya keputusan itu, Luthfi memerintahkan seluruh anggota PKS untuk tunduk pada keputusan partai.

”Mereka yang tidak taat akan berurusan dengan penegak disiplin partai,” ujar Luthfi.

Pada acara penyampaian sikap politik PKS ini, Fauzi dan Nachrowi turut hadir. Keduanya hadir dengan pakaian batik didampingi sejumlah tim sukses. Fauzi Bowo pun menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PKS.

”Dukungan ini didasari pada keinginan untuk membangun bersama Jakarta. Titipan program pasangan Hidayat Nur Wahid-Didik J Rachbini (calon yang diajukan PKS pada putaran pertama) tidak jauh beda dengan kami,” kata Fauzi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com