Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Permukiman Padat Terbakar, 1 Bocah Tewas

Kompas.com - 12/08/2012, 03:27 WIB

Balikpapan, Kompas - Kebakaran empat rumah di permukiman padat penduduk di Kampung Baru Ujung, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (11/8) dini hari, merenggut jiwa seorang bocah, Citra Awalina (12). Penyebab kebakaran yang menewaskan murid sekolah dasar itu masih diselidiki polisi.

Menurut penuturan sejumlah warga, api membakar empat rumah di Jalan Wolter Monginsidi RT 49, Kampung Baru Ujung, mulai pukul 01.00. Citra tinggal di salah satu rumah dari papan kayu tersebut bersama ibu, adik, dan neneknya.

Sang ibu, Herlina, hanya sempat menyelamatkan adik Citra, Topan (5). Adapun Citra, murid Kelas VI SDN OO1 Balikpapan Barat, tak sempat diselamatkan. ”Saat kejadian, Citra tidur sendirian di kamar lainnya,” ujar Inspektur Dua Wahyudi, Kepala Bidang Humas Polres Balikpapan, Sabtu.

Ny Syarifudin, yang rumahnya ikut terbakar habis, mengatakan, ia sempat mendengar Herlina berteriak minta tolong. Namun, ia tak bisa berbuat apa-apa karena api telah membesar. ”Saya tidak sempat membawa barang dan perabotan keluar rumah,” ujarnya.

Safaruddin, Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Balikpapan menyatakan prihatin. Pihaknya sejauh ini telah mengimbau perihal pencegahan bahaya kebakaran di kampung tersebut.

”Sudah tiga kali kebakaran selama bulan puasa ini di Balikpapan dan satu orang meninggal. Sebaiknya warga kian waspada, terlebih yang tinggal di rumah berbahan papan kayu, sambungan listriknya semrawut,” ujarnya. (PRA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com