Kompas.com - 12/08/2012, 21:29 WIB
|
EditorBenny N Joewono

DEMAK,KOMPAS.com - Dalam rangka mempererat tali silaturahmi di bulan Ramadhan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gapoera Demak, mengadakan buka bersama Orang Dengan HIV/Aids (ODHA), di sekretariat Perum Nusa Indah Permai, Desa Karangrejo Kecamatan Wonosalam Demak, Minggu (12/8/2012).

Suasana buka puasa antara ODHA dengan warga masyarakat terlihat akrab meski menu berbuka sederhana , tidak terlihat perbedaan antara warga dengan "sahabat " yang terinveksi Virus mematikan ini.

Sri Hartanto Ketua LSM Gapoera menuturkan, acara ini digelar untuk menjalin silaturahmi agar ODHA yang selama ini didampingi saling berdekatan dengan masyarakat.

Sekaligus sebagai upaya sosisalisasi kepada masyarakat yang selama ini menjauhi para pengidap HIV/Aids. "Para sahabat Gapoera tersebut harus kita dampingi agar tidak merasa sendiri dan merasa ditinggalkan," ungkap Sri Hartanto.

LSM yang berdiri tiga tahun lalu ini secara intens mendampingi ODHA, sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama. ODHA sangat membutuhkan pendampingan untuk memotivasi mereka supaya bisa menjalani hidup normal layaknya masyarakat sehat.

Setiap bulan terus mendampingi sahabat ODHA, agar obat penekan virus dan kekebalan tubuh yang diminum tidak sampai terlambat. "Jika para ODHA rutin minum obat penekan virus maka kemungkinan hidup sehat jauh lebih banyak," ujarnya.

Menurut data , dari tahun 2003 di Kabupaten Demak ditemukan kasus pengidap HIV / Aids sebanyak 108 orang, 26 orang diantaranya sudah meninggal dunia.

Mereka yang terserang virus mematikan itu dari berbagai macam profesi, bahkan ada juga ibu rumah tangga dan anak-anak.

Dalam acara buka bersama kali ini para ODHA tidak terlihat minder maupun kikuk berhadapan dengan masyarakat umum, sehingga terjalin komunikasi yang baik antara peserta buka bersama.

Acara bukber juga dihadiri Drs. Eko Pringgolaksito, Mantan Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Demak dan Susi Alifah anggota Komisi D DPRD Kabupaten Demak.

Selain mendampingi ODHA, LSM yang berdiri sejak tahun tiga tahun lalu juga bergerak di bidang sosial lainnya yakni pendampingan anak jalanan, pendidikan remaja dan anak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.