Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Gerindra Tak Khawatir Dukungan PKS untuk Foke-Nara

Kompas.com - 13/08/2012, 06:11 WIB
Sandro Gatra

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Partai Gerindra tak khawatir atas tambahan dukungan untuk pasangan Fauzi Bowo (Foke)-Nachrowi Ramli (Nara) dari Partai Keadilan Sejahtera di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta.

Tambahan dukungan parpol itu diyakini malah semakin menambah simpati warga Jakarta terhadap pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Hal itu dikatakan Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon melalui pesan singkat, Senin (13/8/2012), menyikapi deklarasi dukungan PKS untuk Foke-Nara.

Fadli mengatakan, parpol hanya salah satu elemen pendukung, terutama karena ada syarat pencalonan. Warga Jakarta yang dekat dengan akses informasi, kata dia, adalah pemilih yang cerdas. Mereka mengetahui rekam jejak Jokowi-Ahok maupun Foke-Nara.

"Mereka akan tentukan pilihan dengan mudah. Pilihan warga Jakarta itu secara garis besar adalah keinginan untuk perubahan melawan status quo. Sikap dukungan parpol mencerminkan pragmatisme atau idealisme dalam mendukung kandidat," kata Fadli.

Begitu pula terkait serangan isu suku, agama, ras, dan antargolongan, menurut Fadli, malah akan menambah simpatik warga Ibu Kota kepada Jokowi-Ahok.

"Isu-isu SARA yang berbau fitnah dan character assasination hanya akan mempertinggi tempat jatuh. Warga Jakarta sudah muak dengan kemunafikan yang dibungkus dengan citra religiusitas. Ini hanya memperalat agama dan etnis untuk kepentingan politik," pungkas Fadli.

Seperti diketahui, dengan dideklarasikan dukungan PKS itu, Jokowi-Ahok tetap hanya didukung oleh dua parpol, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Gerindra.

Adapun Foke-Nara mendapat tambahan dukungan dari tiga parpol, yakni PKS, Partai Persatuan Pembangunan, dan Partai Golkar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com