Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Balapan Liar, Remaja Pinrang Gelar Festival Dancing

Kompas.com - 13/08/2012, 18:00 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis

PINRANG, KOMPAS.com -- Agar terhindar dari balapan liar dan aksi tawuran yang menjadi tradisi setiap Ramadhan, para pemuda di Pinrang, Sulawesi Selatan menggelar festival dancing. Acara ini digelar di lapangan Lasinrang, Pinrang.

Festival dancing yang digelar Perhimpunan Pemuda dan Pelajar Pinrang, Sulawesi Selatan ini berlangsung semarak. Puluhan peserta dancing menunjukkan tarian atau variasi gerak yang mereka ciptakan sendiri. Hal ini menjadi suguhan menarik bagi ratusan penonton yang hadir.

Setiap kelompok yang diwakili para pelajar, mahasiswa dan kelompok pemuda lainnya ini tampak bersamangat menyuguhkan penampilan terbaik mereka di atas panggung. Meski kegiatan ini tidak seluruhnya bisa mewadahi aktivitas para pemuda di Pinrang, namun kegiatan positif ini diakui sejumlah peserta sangat bermanfaat karena bisa menyalurkan minat dan bakat mereka.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mencegah pemuda dan remaja terlibat kegiatan hura-hura seperti tawuran atau balapan liar yang tidak hanya membahayakan diri sendiri, tapi juga meresahkan warga dan pengguna jalan.

"Sibuk latihan selama beberapa hari sebelum tampil, saya kira tidak ada waktu terlibat balapan liar," ujar Ichal, salah satu peserta yang mengaku tidak ingin lagi balapan liar, Senin (13/8/2012).

Salah seorang anggota panitia pelaksana festival dancing, Nurhidayat menyatakan, festival dancing adalah salah satu wadah bagi para pemuda untuk menyalurkan energi positif mereka pada kegiatan-kegiatan yang memberi manfaat, terutama di bulan Ramadhan yang akrab dengan balapan liar dan tawuran.

"Kita berharap ini jadi wadah penyaluran kegiatan positif bagi para remaja agar tidak terlibat dalam kegiatan yang kurang bermanfaat seperti balapan liar," katanya.

Festival dancing ini digelar sejak Sabtu (11/8/2012) dan berlangsung hingga Senin (13/8/2012). Meski acara dimulai pukul 22.00 usai shalat tarawih hingga menjelang makan sahur, namun hiburan ini tetap ditonton orang banyak. Rencananya, Selasa (14/8/2012) malam nanti akan digelar babak final.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com