Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100.000 Kendaraan Lintasi Tol Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 17/08/2012, 01:02 WIB
Harry Susilo

Penulis

CIKOPO, KOMPAS.com — Data PT Jasa Marga menunjukkan, terdapat 103.829 kendaraan yang melintasi tol Jakarta-Cikampek pada Rabu (15/8/2012) atau empat hari menjelang Lebaran. Jumlah ini diperkirakan bakal bertambah pada Kamis, yang diproyeksi menjadi puncak arus mudik.

Data itu berdasarkan penghitungan petugas Jasa Marga pada Rabu pukul 06.00 hingga Kamis (16/8/2012) pukul 06.00 di Gerbang Tol Cikarang Utama. Sebagian besar kendaraan merupakan pemudik yang mengarah ke Gerbang Tol Cikampek.

Direktur Operasi PT Jasa Marga Hasanudin mengatakan, jumlah ini meningkat drastis karena jalan tol Jakarta-Cikampek rata-rata dilintasi 68.000 kendaraan pada hari biasa. "Kita perkirakan sekitar 110.000 kendaraan akan melintas di tol Jakarta-Cikampek pada H-3 ini," ujar Hasanudin.

Menurut Hasanudin, pengaturan arus lalu lintas pada arus mudik tahun ini cenderung lebih baik dibandingkan tahun lalu. Sebab, pengalihan arus lalu lintas oleh polisi tidak menunggu penumpukan kendaraan di Gerbang Tol Cikampek. Arus lalu lintas kendaraan dialihkan di ruas tol Jakarta-Cikampek Kilometer 66 jika terjadi kemacetan di Simpang Jomin dari arah jalur pantura. Pemudik dialihkan menuju jalur tengah atau jalur selatan melalui Tol Purbaleunyi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com