Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pidato Kemerdekaan, Foke Ingatkan Jangan Golput

Kompas.com - 17/08/2012, 11:58 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo menjadi Inspektur Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Upacara ini diikuti oleh ratusan pegawai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Dalam pidatonya, selain mengangkat soal strategisnya keadilan sosial dengan menerapkan kebhinnekaan, Fauzi juga mengingatkan kepada peserta upacara untuk tidak menjadi golongan putih (golput) dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta putaran kedua.

"Mengingat masih ada tahapan putaran kedua tanggal 20 September 2012 mendatang, saya berharap kondisi kondusif terus dipertahankan dan segenap warga Ibu Kota kembali menggunakan hak politiknya, untuk memilih pemimpin DKI Jakarta, dan tidak golput," kata pria yang akrab disapa Foke, di Lapangan Parkir IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat, (17/8/2012).

Dalam pidatonya, Foke juga mengatakan telah berhasil menciptakan suasana kondusif selama Pilgub DKI Jakarta putaran pertama berlangsung. "Kami telah berhasil melaksanakan suatu peristiwa penting dan tercatat dalam sejarah kehidupan Kota Jakarta, menyelenggarakan Pemilu Gubernur Provinsi DKI Jakarta Periode 2012-2017 dan menjadikan pelaksanaan Pilgub tersebut berlangsung aman, tertib, lancar, dan demokratis," ujarnya.

Selain itu, ia juga memaparkan berbagai keberhasilan yang dicapai selama dia memimpin Jakarta. Hasil-hasil pembangunan di DKI Jakarta di bidang ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan serta pembangunan fisik, dikatakannya telah dapat dinikmati seluruh warga Ibu Kota. Kondisi Jakarta yang aman, nyaman, sejuk, damai dan kondusif, juga meningkatkan kepercayaan investor dan dunia usaha, sehingga perekonomian DKI Jakarta saat ini tumbuh sebesar 6,7 persen.

Sementara itu, tema peringatan HUT RI ke-67 tahun yaitu, 'Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Bekerja Keras untuk Kemajuan Bersama, Kita Tingkatkan Pemerataan Hasil-Hasil Pembangunan untuk Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia'.

Dalam Upacara Kemerdekaan RI yang ke-67 tahun di Lapangan Parkir Monas itu juga dihadiri oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferryal Sofyan, Sekretaris Daerah, Fadjar Pandjaitan, Kepala Dinas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pejabat Daerah terkait, dan Pegawai Negeri Sipil sebagai peserta upacara. Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto tidak tampak hadir dalam upacara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com