Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Berantas Korupsi Secara Sistemastis

Kompas.com - 17/08/2012, 12:52 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, mengatakan memiliki harapan tinggi terhadap pemberantasan korupsi di Indonesia, terutama pada usia Republik Indonesia yang pada hari ini telah memasuki 67 tahun. Pria yang akrab disapa Foke ini mengatakan, pemerintah harus dapat menjalankan roda pemerintahan dengan amanah agar memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada bangsa Indonesia ke depan.

"Harapan saya ke depan, kita dapat menyikapi isu yang berkembang untuk memberantas korupsi secara sistematis, bukan hanya dengan retorika," kata Foke, seusai Upacara Kemerdekaan RI ke 67 tahun, di Lapangan Parkir IRTI Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat, (17/8/2012).

Foke mengimbau agar jangan sampai ada ruang gerak bagi para koruptor di Indonesia. "Buatlah sistem sehingga bangsa ini atau siapapun tidak mempunyai ruang gerak untuk melakukan praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme, tidak hanya di pemerintahan tapi juga seluruh lapisan bangsa ini," kata Foke.

Selain itu, Foke juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengisi kemerdekaan ini dengan peran yang konstruktif dan kondusif. "Sehingga bangsa ini bisa betul-betul tumbuh dan berkembang menjadi bangsa yang diinginkan oleh para proklamator dan bangsa Indonesia," ujarnya.

Di bidang ekonomi, Foke mengajak untuk bersama-sama memberikan kontribusi yang positif sehingga ekonomi bisa tumbuh dan berkembang lebih tinggi dan pesat lagi. "Sehingga pemerataan yang kita inginkan bisa lebih berkualitas, khususnya di Jakarta ini. Kita tahu pemerataan itu berlangsung dan berjalan dalam batas dan kemampuan yang cukup baik. Meskipun belum ideal, tapi sudah jauh lebih merata dari pada di tempat lain," ujar Foke.

Upacara HUT ke-67 Kemerdekaan RI di Monas itu juga dihadiri oleh Ketua DPRD DKI Jakarta, Ferrial Sofyan, Sekretaris Daerah, Fadjar Pandjaitan, Kepala Dinas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Pejabat Daerah terkait, dan Pegawai Negeri Sipil sebagai peserta upacara. Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Prijanto, tidak tampak menghadiri upacara tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com