Penumpang Menumpuk, Feeder TransJakarta Pun Dikerahkan

Kompas.com - 17/08/2012, 16:40 WIB
Penulis Imanuel More
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com -  Penumpukan penumpang sempat terjadi di Terminal Bus Antarkota Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pihak Perusahaan Otobus (PO) terpaksa meminta bantuan feeder TransJakarta untuk menampung penumpang yang belum terangkut.

"Tadi empat unit bus feeder (TransJakarta) yang dipakai. Yah, terpaksa disediakan bus bantuan karena penumpangnya sudah menumpuk," kata Suarta Sebayang, Kepala Terminal Lebak Bulus, saat ditemui Kompas.com, Jumat (17/8/2012).

Penumpukan penumpang terjadi lantaran bus Luragung Jaya jurusan Kuningan, Jawa Barat, belum satu pun yang muncul di parkiran terminal hingga siang tadi. Sementara itu, penumpang ke jurusan tersebut terus bertambah. Lagi pula, hampir semua penumpang tidak ingin dialihkan ke bus lain.

"Tiap pulang pasti pakai Luragung. Udah langganan sih, jadi nggak mau pakai yang lain," kata Ayih (24).

Kesetiaan penumpang pada PO tersebut membuat pihak terminal cukup kelimpungan. Meskipun, PO lain maupun bus cadangan sudah disiapkan, mereka tetap lebih memilih untuk menunggu bus Luragung tiba di terminal.

Untuk menghindari penumpukan penumpang yang semakin memenuhi areal parkir mobil, pihak terminal meminta PO untuk merekomendasikan bus pilihan kepada penumpang.

"Mereka cuma percaya sama orang PO Luragung. Udah langganan kental semua. Jadi, saya minta POnya sendiri telepon ke PPD untuk meminta bantuan. Kemudian didatangkan empat unit feeder untuk mengangkut penumpang," jelas Suarta.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kehadiran Feeder TransJakarta yang terlihat lebih mewah itu mendapat sambutan positif calon penumpang. Mereka pun akhirnya bersedia untuk diberangkatkan mudik.

Sementara itu, dua unit bus Luragung telah terlihat berada di Terminal Lebak Bulus sore ini. Kemacetan disebut sebagai alasan terhambatnya perjalanan balik ke Jakarta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.