Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragunan Jadi Favorit Warga karena Murah Meriah

Kompas.com - 20/08/2012, 20:01 WIB

JAKARTA, Kompas.com - Taman Margasatwa Ragunan masih menjadi pilihan utama warga sekitar Jakarta untuk berekreasi mengisi hari libur Lebaran, karena murah dan meriah.

"Tarif masuknya murah dan terjangkau bagi masyarakat seperti kami," kata salah satu pengunjung TM Ragunan, Edi (36), Senin (20/8/2012).

Edi mengatakan, tiket masuk ke tempat rekreasi itu termasuk murah dibandingkan tiket masuk ke Taman Impian Jaya Ancol dan Water Boom. Dia menjelaskan, harga dua tiket untuk orang dewasa total Rp 8.000, dan dua tiket untuk anak-anak dengan total Rp 6.000.

"Harga sebesar itu terjangkau untuk kelas menengah ke bawah dan untuk semua kalangan," ujarnya.

Menurut Edi, kedatangannya ke TM Ragunan bersama rombongan tetangga yang tinggal di Bekasi. Dia sendiri memilih menggunakan sepeda motor untuk menuju tempat rekreasi itu.

Lebih lanjut dikatakannya, fasilitas yang disediakan pengelola TM Ragunan cukup memadai dan bagus. Hal ini, menurut Edi, membuat pengunjung nyaman untuk menghabiskan liburanya di sana.

"Selain untuk rekreasi, berbagai fasilitas di sini bermanfaat bagi anak-anak, bisa menambah pengetahuan mereka," katanya.

TM Ragunan masih menjadi daya tarik penduduk Jakarta untuk dikunjungi di kala liburan, yang ditandai dengan peningkatan jumlah pengunjungnya pada hari ke dua Lebaran ini.

Menurut data Pelayanan Pengunjung TM Ragunan, jumlah pengunjung hingga pukul 15.00 WIB di hari kedua Lebaran ini sebanyak 110.000 orang, jumlahnya meningkat dibandingkan hari Minggu (19/8) yaitu 29.000 orang.

Jumlah itu diperkirakan akan bertambah karena tempat rekreasi itu akan memperpanjang jam bukanya hingga pukul 17.00 WIB.

Kesan positif terhadap TM Ragunan juga dikatakan pengunjung lain, M Sidik (45), yang menilai tiket masuk TM Ragunan cukup murah dibandingkan tempat rekreasi yang lain. Untuk itu, kata Sidik, dia tidak ragu membawa istri dan kedua anaknya ke tempat rekreasi yang berada di Jakarta Selatan itu.

"Tempat rekreasinya ini dekat dengan rumah saya di Lenteng Agung dan tiket masuknya murah meriah," katanya seraya menambahkan, mereka sudah mempersiapkan berbagai perbekalan untuk berekreasi di sana, salah satunya membawa ketupat dan minuman dari rumah.

Hal ini menurut dia untuk menjaga suasana liburan di TM Ragunan tetap nyaman tanpa diganggu dengan kerepotan mencari makanan dan minuman.

Sidik mengatakan kedua anaknya memiliki tempat favorit ketika berkunjung ke Ragunan, yaitu melihat  gajah. Menurut dia, di kandang gajah itu, kedua anaknya bisa memberi makan sambil berinteraksi dengan binatang berbelalai itu.

"Setelah itu kemungkinan akan melihat buaya, lalu keliling Ragunan dan setelah capek langsung pulang," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com