Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daerah Maju, Pendatang di Jakarta Menurun

Kompas.com - 20/08/2012, 20:08 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, Kompas.com - Saat ini jumlah pendatang ke Jakarta setiap tahunya menurun. Menurut Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, ini disebabkan karena majunya perkembangan di daerah, yang berdampak pada banyaknya peluang kerja, sehingga jumlah pendatang di Jakarta menurun.

"Banyak pemerintah daerah yang melakukan pembangunan sehingga kaum migran punya pilihan. Jadi sekarang, kalau sudah berhasil di daerah untuk apa ke Jakarta?" tegas Foke, saat berkunjung ke Pantai Beach Pool, Ancol, Jakarta Utara, Senin (20/8/2012).

Selain itu, Pemprov DKI juga telah memperketat persyaratan kependudukan bagi warga yang ingin tinggal di Jakarta. "Kami melakukan pendekatan kepada pemudik jauh sebelum Lebaran. Kami sudah sampaikan syarat kependudukan sipil ke pemerintah asal supaya orang tidak mudah mengadu nasib ke sini," tegas Foke.

Seperti diketahui, masalah kependudukan di Jakarta dianggap menjadi biang dari berbagai masalah, seperti kemacetan, pengangguran dan sebagainya. Jumlah penduduk yang terlalu banyak dan didominasi oleh pendatang mengharuskan pemerintah untuk mengendalikan lajunya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com