Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arah Ragunan Macet, Transjakarta Dialihkan

Kompas.com - 21/08/2012, 11:49 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membludaknya pengunjung Taman Margasatwa Ragunan pada Selasa (21/8/2012) siang membuat arus lalu lintas di sekitarnya tersendat. Rute bus Transjakarta koridor VI (Dukuh Atas-Ragunan) pun terpaksa dialihkan.

Pengalihan bus Transjakarta menuju Ragunan dialihkan mulai dari Jalan Margasatwa Raya, Jakarta Selatan, tepatnya di perempatan lampu merah dekat SMK Negeri 57 Jakarta. Bus-bus Transjakarta terpaksa berhenti dan mengantre di situ. Ribuan penumpang busway yang sebagian besar ingin menuju Ragunan terpaksa turun dan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer sampai ke gerbang utama Ragunan.

Kepala Unit 3 Seksi Penindakan dan Pelanggaran Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Edy Santoso mengatakan, tidak hanya bus Transjakarta saja yang dialihkan, tetapi seluruh kendaraan tidak bisa masuk ke Jalan Harsono RM yang menjadi akses utama ke Ragunan. "Mulai dari perempatan Ragunan, itu semua kendaraan termasuk bus Transjakarta kami alihkan memutar ke bawah kolong jembatan Jagakarsa," kata Edy saat dijumpai di lokasi, Selasa siang.

Pengalihan arus dilakukan karena ekor kemacetan pada pukul 11.00 tadi sempat memanjang hingga ke kawasan Pejaten. Edy mengatakan, setelah polisi mengalihkan arus kendaraan, lalu lintas dari arah Pejaten menjadi lancar. Namun, kepadatan arus lalu lintas justru terjadi dari arah Jagakarsa menuju Ragunan, imbas dari pengalihan arus tadi. Kemacetan terjadi karena semakin banyaknya kendaraan serta antrean pengunjung Ragunan yang berjalan kaki di sekitar perempatan Ragunan.

"Pengalihan arus ini akan dilakukan melihat kondisi. Kalau sudah lancar akan kembali dibuka. Untuk arah sebaliknya dari arah Ragunan juga belum ada pengalihan," ucap Edy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com