Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

150 Bangunan Ludes Terbakar, Kerugian Miliaran Rupiah

Kompas.com - 21/08/2012, 17:17 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Si jago merah melahap 150 bangunan di Jl Gotong Royong, RT 02 RW 02, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur. Akibat musibah tersebut, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Pemprov DKI Jakarta memperkirakan total kerugian mencapai miliaran rupiah.

"Kerugian cukup besar, diperkirakan miliaran rupiah. Karena itu isinya bengkel mebel, kayu jati, dan lainnya yang harganya mahal," ujar Paimin Napitupulu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana DKI Jakarta, Selasa (21/8/2012) siang di lokasi kebakaran.

Berdasarkan catatan Paimin, lahan seluas 9.000 meter persegi tersebut diisi oleh sekitar 150 bangunan dengan 140 kepala keluarga. Bangunan tersebut difungsikan sebagian untuk kontrakan, sebagian lagi sebagai bengkel pembuatan mebel, seperti kursi dan meja dengan bahan dasar kayu. Tak hanya itu, di beberapa bagian lahan juga diisi beberapa pabrik konveksi.

Menurut Amah (25), warga yang tinggal berjarak 10 meter dari titik api mengatakan, bengkel-bengkel pembuatan mebel tersebut bukan milik satu orang, melainkan banyak orang. Bahkan, ada satu bengkel yang dikelola oleh dua orang.

"Ada juga tukang bakso, pemulung, memang banyak yang tinggal di sana," ujarnya.

Paimin memastikan, api berasal dari hubungan pendek arus listrik di lantai dua rumah milik seorang warga di RT 02. Pemilik rumah diketahui tengah mudik ke kampung halaman dan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Percikan api tersebut jatuh ke sebuah wadah berisi cairan kimia yang mudah terbakar (tiner) dan serbuk kayu yang berserakan. Seorang anak kecil sempat melihat kobaran api tersebut. Ia kemudian memberitahukan orang-orang di sekitarnya. Sayang, belum sempat berbuat banyak, api langsung membesar dan merembet ke bangunan di sekitarnya yang seluruhnya semipermanen.

Sebanyak 35 mobil pemadam kebakaran dari seluruh wilayah di Jakarta pun dikerahkan untuk memadamkan api. Api diketahui berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.00 WIB. Baik korban maupun warga sekitar yang takut rumahnya menjadi sasaran api tampak berada di sekitar lokasi sambil meratapi puing-puing sisa kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com