Kompas.com - 21/08/2012, 21:01 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com — Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, akan menggelar Operasi Yustisi Kependudukan selama tiga minggu, terhitung mulai  26 Agustus hingga 14 September 2012.

Operasi itu untuk mengantisipasi agar tidak terjadi lonjakan pertumbuhan penduduk yang berakibat meningkatkan jumlah penganggur seiring dengan arus balik pada Lebaran ini.

"Dalam operasi kependudukan, petugas yang disebar ke seluruh wilayah Tangsel akan turun langsung mendatangi, antara lain, rumah warga, tempat kos, dan kontrakan, di kawasan sekitar pabrik untuk mendata penduduk baru," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tangsel Toto Sudarto kepada wartawan, Selasa (21/8/2012).

Toto menjelaskan, operasi kependudukan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penambahan penganggur di wilayah itu. "Kami tidak melarang warga dari daerah lain masuk Tangsel. Silakan datang, asalkan memiliki keterampilan yang bisa digunakan untuk bekerja di Tangsel," kata Toto.

Seperti diberitakan, sebanyak 13.000 orang dari daerah lain diperkirakan akan masuk mengadu nasib di Tangsel seiring dengan arus balik setelah Lebaran. Itu berarti terjadi penambahan 1 persen dari jumlah penduduk wilayah pemekaran yang mencapai 1,3 juta jiwa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.