Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Minta Kapal Tiap Tahun

Kompas.com - 23/08/2012, 14:19 WIB
Amanda Putri Nugrahanti

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com- Para pemudik yang ikut dalam balik mudik gratis dengan kapal TNI KRI Banda Aceh dari Semarang ke Jakarta meminta program seperti itu terus ada setiap tahun. Selain menghemat banyak biaya, mudik dengan kapal laut lebih aman dan nyaman ketimbang menunggang sepeda motor.

Kamis (23/8/2012) ini di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, sebanyak 1.486 pemudik yang menunggang 635 sepeda motor, berangkat pukul 12.00 WIB menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Pemberangkatan kapal dilepas oleh Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono. Kapal yang sama sebelumnya mengangkut pemudik dari Jakarta menuju Semarang pada tanggal 16 dan 19 Agustus 2012.

Untuk arus balik, pemberangkatan hanya satu kali. Penggunaan moda kapal laut milik TNI Angkatan Laut ini sudah berjalan selama tiga tahun terakhir, dengan tujuan mengurangi beban jalur pantai utara Jawa dan menekan angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang didominasi oleh sepeda motor.

Ketika ditanya, rata-rata pemudik yang memilih naik kapal tersebut, mengaku akan memanfaatkan moda yang sama di tahun-tahun mendatang. Samiadi (46), yang datang dari Klaten, misalnya, baru pertama kali naik kapal. Sebelumnya, dia selalu naik sepeda motor untuk mudik bersama keluarganya.

"Pas berangkat, saya masih naik motor. Sebelum tahu kalau ada program ini, saya sudah merasa berat sekali mau kembali ke Jakarta naik motor. Capeknya luar biasa," ujar Samiadi. Dia pun berharap program yang sama juga terlaksana di tahun mendatang.

"Kalau ada lagi, saya lebih baik naik kapal. Tidak capek dan aman. Saya tinggal naik motor ke Klaten, paling hanya dua jam dari Semarang. Di kampung juga mudah kalau mau kemana-mana karena ada motor," ujarnya.

Pemudik lain, mengajukan pernyataan serupa saat berdialog dengan Bambang Susantono. "Ini sangat membantu kami. Kalau bisa program ini ada terus pak," kata salah seorang pemudik, Khaerudin.

Ketika Bambang bertanya, apakah ingin naik kapal lagi, seluruh pemudik yang duduk di pelataran heli deck sontak menjawab, "Mauuu!!" Bambang mengimbau para pemudik untuk tidak menggunakan sepeda motor untuk bepergian jarak jauh. Dia juga meminta para pemudik untuk memberi tahu rekan-rekan mereka untuk ikut naik kapal saja, jika ingin tetap membawa sepeda motor ke kampung halaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com