Kompas.com - 23/08/2012, 22:05 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com- Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, pihaknya membuka diri bagi pendatang baru yang akan masuk bersamaan dengan arus balik Idul Fitri 1433 H. Akan tetapi, mereka yang masuk ke wilayah berpenduduk 1,3 juta jiwa itu harus memiliki kemampuan dan ketrampilan agar mampu bersaing dengan yang lainnya.

"Silahkan datang ke Tangsel asalkan mereka memiliki kemampuan dan ketrampilan. Kalau tidak, jangan masuk ke Tangsel karena akan menambah beban bagi pemerintah kota dengan meningkatnya angka pengangguran," kata Airin kepada Kompas di Pamulang, Kamis (23/8/2012).

Airin mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi Tangsel cukup signifikan sehingga banyak warga dari daerah lain yang ingin mengadu nasib di Tangsel. Namun, Pemeritah Kota Tangsel tidak mau jika pendatang tersebut justru menambah jumlah pengangguran di daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang tersebut.

"Di Tangsel, angka penangguran didominasi oleh pendatang yang gagal bersaing karena mereka tak memiliki kemampuan dan ketrampilan. Makanya pendatang seperti ini harus dibatasi," papar Airin.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pada arus balik tahun ini diperkirakan 13.000 orang pendatang baru masuk Tangsel. Jumlah penambahan itu sebanyak satu persen dari jumlah penduduk Tangsel saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
     
    Pilihan Untukmu


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.