Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Airin: Silahkan Datang ke Tangsel, Tapi Harus Punya Kemampuan

Kompas.com - 23/08/2012, 22:05 WIB
Pingkan E Dundu

Penulis

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com- Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mengatakan, pihaknya membuka diri bagi pendatang baru yang akan masuk bersamaan dengan arus balik Idul Fitri 1433 H. Akan tetapi, mereka yang masuk ke wilayah berpenduduk 1,3 juta jiwa itu harus memiliki kemampuan dan ketrampilan agar mampu bersaing dengan yang lainnya.

"Silahkan datang ke Tangsel asalkan mereka memiliki kemampuan dan ketrampilan. Kalau tidak, jangan masuk ke Tangsel karena akan menambah beban bagi pemerintah kota dengan meningkatnya angka pengangguran," kata Airin kepada Kompas di Pamulang, Kamis (23/8/2012).

Airin mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi Tangsel cukup signifikan sehingga banyak warga dari daerah lain yang ingin mengadu nasib di Tangsel. Namun, Pemeritah Kota Tangsel tidak mau jika pendatang tersebut justru menambah jumlah pengangguran di daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang tersebut.

"Di Tangsel, angka penangguran didominasi oleh pendatang yang gagal bersaing karena mereka tak memiliki kemampuan dan ketrampilan. Makanya pendatang seperti ini harus dibatasi," papar Airin.

Secara terpisah, Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan, pada arus balik tahun ini diperkirakan 13.000 orang pendatang baru masuk Tangsel. Jumlah penambahan itu sebanyak satu persen dari jumlah penduduk Tangsel saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com