Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jam, Dua Kebakaran di Jakarta Selatan

Kompas.com - 24/08/2012, 16:55 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Peristiwa kebakaran terjadi di dua lokasi berbeda di Jakarta Selatan, Jumat (24/8/2012) siang. Di Jalan Bangka, Pela Mampang, api melalap empat rumah dan delapan petakan. Sementara itu di Pondok Pinang, api menghanguskan satu rumah.

Kebakaran pertama terjadi di permukiman padat di Jalan Bangka 2 G Nomor 61 RT 007 RW 03, Pela Mampang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Sumber api diduga berasal dari rumah dengan pagar bercat biru milik Haji Anwar Muhammad.

"Dengar suara TV kresek-kresek, terus enggak lama kaya ada suara TV meledak. Yakinnya sih itu TV dari kamar adik saya, soalnya TV-nya jarang dimatiin," ungkap Syukron (34), warga yang tinggal di rumah yang diduga sebagai awal api.

Warga di permukiman padat dengan sejumlah gang sempit itu langsung berupaya menyelamatkan harta benda masing-masing, sepeda motor, sepeda, kasur, alat elektronik, dan surat-surat berharga milik warga ke lokasi aman di depan rumah warga lain dan di sekitar gang. Warga lainnya datang ke lokasi kebakaran dan berupaya membantu dengan sarana ala kadarnya. Dengan sumber air yang terbatas, warga menyiram air, baik dengan ember maupun selang dari mushala dan rumah warga.

"Saya tahunya kebakaran pas orang-orang pada teriak. Saya lihat apinya sudah besar. Ini warga pada ikut padamin pakai selang sama saluran air dekat rumah," kata Supardi (54), warga yang rumahnya berseberangan dengan lokasi kejadian.

"Belum diketahui pasti penyebab kebakaran, masih dilidik. Dugaan awal, korsleting listrik," kata Kepala Sudin Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Jakarta Selatan Frans Hodden, yang ditemui di lokasi.

Untuk memadamkan api itu, sebanyak 10 mobil pemadam dikerahkan. Namun karena akses jalan yang sempit, nyala api telanjur membesar hingga menyambar rumah dan delapan petakan di belakang toko mebel.

"Yang terbakar empat rumah besar dan delapan petak kontrakan. Tidak ada korban luka dan korban jiwa sampai saat ini. Tidak ada ledakan, ada pun satu tabung gas meledak, itu pas lagi kebakaran," ungkap Frans.

Api baru dapat dipadamkan satu jam kemudian, sekitar pukul 12.20. Kerugian materi belum dapat diprediksi. Semua rumah dan petak kontrakan rata dengan tanah. Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada dua sepeda motor milik warga juga ikut hangus terbakar.

Setengah jam setelah kejadian di Jalan Bangka, Pela Mampang, kebakaran juga terjadi di Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Kebakaran terjadi di sebuah rumah di permukiman padat penduduk di Jalan Haji Banan RT 05/ RW 12 Pondok Pinang, Jakarta Selatan. Api diperkirakan menghanguskan satu rumah warga.

Berkat kesigapan warga sekitar dan petugas pemadam kebakaran, api sudah dapat dipadamkan dalam 30 menit. Kebakaran pun tidak meluas ke rumah-rumah sekitar di wilayah permukiman padat itu.

"Satu rumah, penyebabnya juga masih kita selidiki. Tidak ada korban jiwa, kerugian materi belum bisa ditaksir," ucap Frans.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com