Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkah Pencari Besi di Lokasi Kebakaran

Kompas.com - 24/08/2012, 18:50 WIB
Bima Setiyadi

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah musibah kebakaran yang belakangan melanda Jakarta, khususnya di Tambora, Jakarta Barat, ternyata menbawa berkah bagi para pencari besi. Dari lokasi kebakaran, mereka bisa menghasilkan Rp 100 ribu per hari.

Hal ini diakui Ema (32), seorang pencari besi di wilayah Tambora, Jakarta Barat. Dalam sehari, dia mengaku bisa mendapatkan Rp 100 ribu dari lokasi kebakaran.

"Biasanya sehari dapat Rp 100 ribu jika ada kebakaran. Kalau nggak ada, paling Rp 30 hingga 50 ribu," kata Ema di Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat, Jumat (24/8/2012).

Ema mengatakan, setiap ke lokasi kebakaran, dia hanya mencari paku-paku. Dia melakukan itu selalu bersama teman-temannya dari pinggir rel Jembatan Hitam, Jakarta Barat.

Ema pun tidak menampik jika lokasi kebakaran malah menjadi tambang emas, alis menambah rejeki bagi teman-teman pencari besi. Bahkan ada beberapa temannya yang bisa pulang kampung dengan adanya kebakaran di Pekojan dan krendang, Jakarta Barat.

"Kalau saya buat jajan anak dan makan sehari-hari saja sudah cukup," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com