Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Schumacher 300 Kali

Kompas.com - 26/08/2012, 03:14 WIB

london, Sabtu - Michael Schumacher, si pebalap tua, tengah berbahagia. Dia sudah bukan lagi juara dunia. Namun, pekan depan, dia akan berlomba di sirkuit Formula 1 untuk ke-300 kalinya. Schumacer pun berharap bisa menjalaninya dengan penuh gaya.

Pekan depan, balapan F1 akan berlangsung di Grand Prix Belgia. Pentasnya adalah sirkuit cepat Spa Francorchamps.

Michael Schumacher pun tersenyum. Kombinasi dari pengetahuannya atas sirkuit dan perbaikan terhadap mobil Mercedesnya membuat dia optimistis bisa menuai hasil memuaskan. ”Spa itu seperti ruang tamu rumahku,” ujar dia.

Schumacher, si Jerman tua yang berusia 43 tahun itu, dikenal sebagai juara F1 untuk tujuh musim. Gelar pebalap terbaik dunia itu dia raih pada 1994, 1995, dan kurun 2000-2004.

Sempat pensiun dan menikmati posisi sebagai konsultan bagi pabrikan mobil Ferrari selama tiga tahun, Schumacher kembali berlomba pada 2010. Namun, era yang baru tak lagi seindah masa lalu.

Di tahun itu, dia mengakhiri musim di urutan kesembilan. Setahun kemudian, Schumacher hanya bisa naik satu posisi, menjadi pebalap nomor delapan terbaik dari seluruh seri lomba.

Tahun ini pun tidak menjadi lebih mudah. Dia menyerah dalam enam dari 10 seri lomba yang sudah terlaksana.

Namun, setiap injakan pada pedal gas mengasah statistik sejarah bagi Schumacher. Kini, dia tercatat sudah 299 kali turun di sirkuit F1, menjuarai 91 seri lomba, dan 68 kali menempati posisi start terdepan.

Sekarang ini, hanya ada seorang pebalap yang mengukir zona 300 kali berlomba di arena F1. Dia adalah si Brasil Rubbens Barrichello yang telah berlomba sebanyak 326 kali. ”Saya bangga menjadi pebalap kedua yang bisa mencapai tonggak sejarah,” kata Schumacher. (AFP/YNS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com