Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik Balik Masih Ramai di Terminal Pulogadung

Kompas.com - 27/08/2012, 18:00 WIB
Robertus Belarminus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari ini merupakan H+7. Seperti biasanya pada Lebaran, perhitungan arus mudik dimulai sejak H-7 sampai dengan H+7 pasca Lebaran. Di Terminal Pulogadung, pada H+7 yang merupakan perkiraan arus balik terakhir, diprediksikan akan didatangi puluhan ribu penumpang arus balik.

"Untuk hari ini tidak jauh dengan kemarin yang mencapai 24.663 orang. Kemungkinan, hari ini sekitar 20 ribu orang, bisa juga lebih," kata Kepala Terminal Pulogadung H M Nur kepada KOMPAS.com, Senin (27/8/2012) sore.

Menurutnya, jumlah penumpang yang akan tiba pada hari ini akan tetap stabil seperti hari kemarin. Hal tersebut mengingat masih banyak bus yang akan masuk ke terminal dan membawa penumpang arus balik mudik yang akan tiba di terminal.
 
"Kalau dari pantauan di lapangan, masih banyak bus yang tertahan, masih dalam perjalanan ke sini. Tetapi memang belum diketahui bus mana yang masuk di Terminal Pulogadung atau bukan. Cuma untuk hari ini saya diprediksi tidak jauh dari kemarin," ujar Nur.
 
Mengenai pelayanan angkutan Lebaran 1433 H yang berlangsung di Terminal Pulogadung, sejak H-7 sampai H+7, Nur mengatakan semuanya telah berjalan baik.

"Alhamdulilah, dari H-7 sampai H+7 situasi dan pelayanan angkutan Lebaran di sini aman. Tahun ini meningkat lebih baik dari tahun sebelumnya," ungkap Nur.

Untuk diketahui, pada H+7 hari ini, dari perhitungan shift satu sampai dengan pukul 14.00 WIB ada 12.141 penumpang yang tiba di Terminal Pulogadung. Sedangkan pada Minggu (26/8/2012) kemarin, atau pada H+6 ,dari total tiga shift, ada 24.663 orang yang tiba di Terminal Pulogadung.

Dari pantauan KOMPAS.com, sampai dengan pukul 16.00 WIB, aktivitas penumpang yang turun dari bus cukup signifikan. Banyak penumpang yang turun dari berbagai PO bus membawa barang-barang banyak seperti tas, kardus, dan plastik berisi barang bawaan. Pemandangan ini sama halnya ketika memasuki mudik Lebaran kemarin.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com