Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: ERP Segera Direalisasikan

Kompas.com - 04/09/2012, 23:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, penerapan sistem electronic road pricing (ERP) atau jalan berbayar akan segera dilaksanakan.

"Sistem ERP atau jalan berbayar merupakan salah satu upaya untuk mengurai kemacetan di Ibu Kota. Sistem ini akan direalisasikan segera," kata Fauzi di Jakarta, Selasa (4/9/2012).

Fauzi mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah mendapatkan berbagai instrumen pendukung serta izin dari pemerintah pusat terkait penerapan sistem ERP tersebut. Ia mengatakan, penerapan sistem ERP dapat dilihat dengan diterbitkannya Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009, Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009, dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2011. Penerapan ERP juga termasuk dalam upaya mengatur penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta.

Selain penerapan sistem ERP, Fauzi menuturkan bahwa upaya lain yang direncanakan untuk mengurai kemacetan lalu lintas adalah mengatur penggunaan kendaraan pribadi di Jakarta. "Caranya yaitu dengan menerapkan pembatasan usia kendaraan atau bisa juga dengan mewajibkan instansi pemerintah dan swasta di kawasan tertentu yang mempekerjakan sedikitnya sepuluh tenaga kerja untuk menyediakan angkutan antar jemput," kata Fauzi.

Fauzi menambahkan upaya mengendalikan penggunaan kendaraan pribadi juga dapat ditempuh melalui pengendalian operasional sepeda motor pada kawasan dan waktu tertentu serta penerapan pajak progresif kendaraan bermotor.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com