Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Jakarta Baru Tuding Spanduk Foke-Nara Gunakan Dana APBD

Kompas.com - 05/09/2012, 14:25 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tim advokasi Jakarta Baru yang juga mengenakan baju kotak-kotak datang ke Kantor Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI untuk melaporkan pemasangan spanduk bergambar pasangan calon Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli.

"Ini beberapa spanduk di luar jadwal kampanye pasangan Foke-Nara, salah satunya pemasangan spanduk di sepanjang jalan antara Cempaka Putih sampai Senen. Acara Lebaran Betawi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara ada logo Pemerintah DKI," kata Koordinator Tim Advokasi Jakarta Baru, Habiburokhman, seraya menunjukan bukti gambar spanduk Foke-Nara, di Kantor Panwaslu DKI, Gedung Prasada Sasana Karya, Jakarta, Rabu, (5/9/2012).

Habiburokhman mengatakan, lokasi pertemuan di lapangan terbuka, cukup besar kemungkinan jika pertemuan tersebut akan mengarah kepada tindakan kampanye, sedangkan logo Pemerintah DKI mengindikasikan acara tersebut dibiayai oleh Pemerintah DKI. Kampanye dengan menggunakan dana pemerintah tersebut berpotensi melanggar Pasal 78 huruf H UU Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah.

"Akan menjadi sangat tidak adil jika ada pihak yang sudah mulai berkampanye sementara pihak lain harus menunggu jadwal, sedangkan logo Pemerintah DKI bisa mengindisikan bahwa spanduk tersebut memakai anggaran pemerintah," katanya.

Habiburokhman datang ke Panwaslu bersama dengan empat rekan lainya, yaitu Munatsir Mustaman, M Said Bahri, Dede Kurnia dan Maulana Bungaran. Dia mengatakan, salah satu spanduk yang di luar jadwal itu menggunakan anggaran Pemprov DKI. Selanjutnya, dia membantah pelaporan ini merupakan laporan balasan setelah sebelumnya Tim Advokasi Foke-Nara melaporkan adanya iklan kampanye di luar jadwal oleh tim Jokowi-Basuki yang tayang di empat stasiun televisi swasta, yaitu Trans 7, Trans TV, Metro TV, dan TV One.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com