Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelas Toko dan Satu Rumah Ludes Terbakar

Kompas.com - 05/09/2012, 20:03 WIB
Kontributor Tana Luwu, Husain

Penulis

LUWU UTARA, KOMPAS.com - Pasar Tradisional Belawa di Desa Pattimang, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, Rabu (5/9/2012) sekitar pukul 14.30 Wita, dilalap si jago merah. Hanya dalam jangka satu jam, sedikitnya 11 toko dan satu  rumah panggung milik warga di sekitar lokasi pasar tradisional Belawa ludes terbakar.

Tidak adanya armada pemadam kebakaran yang datang ke lokasi, membuat warga bersusa payah memadamkan api dengan peralatan seadanya. Menurut warga, api tiba-tiba muncul dari salah satu kios penjual makanan. Karena rata-rata bangunan rumah toko yang ada di lokasi pasar berbahan dinding papan, membuat api sangat cepat menjalar dan menghabiskan 11 toko beserta satu rumah panggung.

"Api tiba-tiba saja muncul dan semakin membesar hingga membuat kami semua panik, ada yang berusaha menyelamatkan barang serta memadamkan air pake ember," ungkap Ullang, salah seorang warga Lutra, Rabu (5/9/2012).

Walaupun tidak menimbulkan korban jiwa, namun kebakaran yang menghabiskan 12 bangunan di pasar Belawa, menelan kerugian materi yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Selain itu, puluhan kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Saat ini Badan Penanggulang Bencana Daerah bersama PMI Luwu Utara, melakukan pendataan dan memeberikan bantuan kepada warga korban kebakaran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com