Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke: Perantau Minang Berkontribusi bagi Jakarta

Kompas.com - 06/09/2012, 00:02 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

PADANG, KOMPAS.com — Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengakui keberadaan perantau asal Minangkabau di Jakarta memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan Jakarta. "Perantau Minang berperan besar dalam mengembangkan pusat-pusat perekonomian di Jakarta seperti Pasar Tanah Abang, Pasar Senen, Blok M, Mayestik, Jatinegara, Cipulir," kata pria yang akrab disapa Foke, dalam rilis persnya di Padang, Sumatera Barat, Rabu (5/9/2012).

Foke mengatakan, jauh sebelum kemerdekaan sudah banyak perantau Minang yang berkiprah di Jakarta, baik sebagai pengusaha maupun profesi lainnya, termasuk dalam pergerakan kemerdekaan. "Jakarta sudah lama menjadi daerah rantau masyarakat Minang. Banyak di antara mereka berhasil mencapai puncak prestasi, termasuk dalam pentas kepemimpinan nasional," katanya.

Selain itu, Foke juga kagum dengan kemampuan adaptasi perantau Minang dengan budaya di mana mereka berada sebagai wujud dari falsafah hidup, "Di Mana Bumi Dipijak, Di Sana Langit Dijunjung" sehingga di mana pun orang Minang berada, mereka selalu bisa memberikan kontribusi yang signifikan.

Jumlah perantau Minang di Jakarta dari tahun ke tahun terus meningkat. Saat ini diperkirakan mencapai sekitar 6 persen dari total penduduk Jakarta. Selain bergerak dalam dunia usaha, mereka juga menggeluti berbagai profesi.

"Di Pemprov DKI Jakarta juga banyak aparatur asal Minang yang mampu prestasi dengan baik sehingga dipercaya memegang jabatan yang strategis. Sebagai Gubernur, saya merasakan dukungan ini dan saya harapkan dukungan ini tetap bisa dipertahankan," kata Foke.

Kedatangan Foke ke Padang, Sumatera Barat, antara lain terkait dengan peresmian tiga proyek bantuan berbagai elemen masyarakat Jakarta yang digalang Pemprov DKI Jakarta untuk pembangunan pascagempa besar di Sumatera Barat tiga tahun lalu, tepatnya September 2009.

Tiga proyek itu antara lain, Gedung SMK Muhammadiyah Simpang Haru, SDN 09 Bayur di Kampung Dalam, dan Mesjid Raya Kurai Taji. Dana yang berhasil dihimpun sekitar Rp 9 miliar. Peresmian tersebut juga dihadiri oleh Ketua Umum PP Muhamadyah Din Syamsudin, Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kamsim, dan sejumlah tokoh Minang dari Jakarta, seperti Ketua Umum Gebu Minang Pusat Erry Firmansyah Yamin Datuak Tan Maliputi dan Ketua BK3AM Jakarta Zulfahmi Burhan Datuak Rajo Bagaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com