Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hore...Sepanjang KBT Jadi Jalur Sepeda!

Kompas.com - 06/09/2012, 11:07 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Para penggemar sepeda di Ibu Kota wajib bergembira. Keinginan untuk diadakannya jalur sepeda, akhirnya diwujudkan pemerintah. Sepanjang 23,5 km trase kering Kanal Banjir Timur (KBT), Jakarta Timur, akan jadi surganya pengendara sepeda. Meski belum rampung sepenuhnya, jalur sepeda itu diharapkan mampu difungsikan semaksimal mungkin oleh warga.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono menjelaskan, pembangunan jalur sepeda itu akan dilakukan secara bertahap. Untuk sementara, Dishub baru menyiapkan rambu dan marka sepanjang 6,7 km mulai dari Cipinang Besar Selatan, Jatinegara sampai Pondok Kopi. Itu pun baru satu sisi saja, trase kering yang bersebelahan dengan Jalan Basuki Rachmat, sementara sisi satunya belum.

"Targetnya tahap pertama ini akan dioperasikan akhir tahun, Desember 2012. Sementara, untuk seluruh trase kering KBT di sisi utara dan selatan dari Cipinang sampai Marunda akan jadi jalur khusus sepeda, targetnya 2012," ujarnya saat dihubungi wartawan, Rabu (5/9/2012).

Udar mengatakan, rencananya akan ada 125 buah rambu-rambu di sepanjang jalur tersebut. Tak hanya itu, pada bagian tengah dan pinggir jalur sepeda, juga akan dibuat marka pembatas jalan berwarna kuning dan hijau dengan perincian, 866,16 meter persegi marka putus-putus, 1.612,08 meter persegi marka sambung, serta disediakan 5 titik parkir sepeda.

Mobil dan Motor Dilarang Melintas

Pemasangan rambu dan marka itu sudah mulai dilakukan Senin lalu. Pristono berharap, bulan Desember, pembangunan tahap pertama itu bisa berjalan dengan lancar. Meski demikian, Dishub memperkirakan akan menemui kendala dalam pengoperasian jalur sepeda nanti. Pasalnya, pengendara sepeda motor, sudah terbiasa melewati trase kering itu. Dengan kondisi itu, Dishub akan tetap melakukan antisipasi.

"Jalur itu hanya untuk sepeda, seluruh kendaraan roda dua atau roda empat dilarang melintas. Akan kami pasang petugas dan patok jalan, supaya menghindari motor masuk jalur," katanya tegas.

Menurut Pristono, keberhasilan pemerintah dalam mewujudkan jalur sepeda di Ibu Kota bukan hanya kontribusi Pemprov DKI saja. Namun, juga harus didukung oleh masyarakat dengan menjaga dan taat pada setiap peraturan yang ada, termasuk bagi warga yang menggunakan jalur KBT sebagai wisata kota.

Berdasarkan pantauan Kompas.com di lokasin, rambu dan marka jalan memang telah terpasang mulai dari pangkal KBT di Kecamatan Jatinegara hingga Kecamatan Duren Sawit. Rambu bertulis "Jalur Sepeda" itu ditempatkan di persimpangan dan pinggir jalur bagian tengah. Namun sayang, berseliwerannya kendaraan roda dua membuat situasi jelas tak nyaman bagi pesepeda nanti, jika sudah resmi dioperasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com