Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tekan Golput, KPU DKI Sosialisasi ke 70 Sekolah

Kompas.com - 07/09/2012, 15:34 WIB
Kurnia Sari Aziza

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menekan tingginya angka golongan putih (golput) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI melakukan sosialisasi ke 70 sekolah menengah di Jakarta.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula," kata Kepala Kelompok Kerja (Pokja) Sosialisasi KPU DKI Sumarno, di Kantor KPU DKI, Jakarta, Jumat (7/9/2012).
 
Dalam sosialisasi itu, Pokja Sosialisasi KPU DKI mengadakan dialog dan diskusi. Sumarno menyebut bahwa pemilih pemula di Jakarta sebanyak 800 ribu orang, atau sekitar 10 persen pemilih.

"Kemarin kita sudah ke SMK 38. Hari Senin besok kita ke SMA 25 dan SMA 68. Nanti, tanggal 12 September 2012 kita akan melakukan sosialisasi di SMA 35. Sosialisasi itu dilaksanakan tidak hanya oleh KPU tingkat Provinsi tapi juga KPU Kota," ujar Sumarno.

Kegiatan sosialisasi KPU DKI ke sekolah ini, sebelumnya sudah pernah dilaksanakan pada putaran pertama dan di SMA 4, Gambir, Jakarta Pusat.

"Ini untuk meningkatkan semangat mereka. Ini juga untuk menekan angka golput juga," kata Sumarno.

Dalam sosialisasi KPU ke sekolah-sekolah itu juga akan dijelaskan beberapa syarat untuk terdaftar menjadi pemilih dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada). Yang pertama adalah berusia 17 tahun atau lebih atau sudah dan pernah kawin.

Selanjutnya, tidak sedang terganggu jiwanya, terdaftar sebagai pemilih, bukan anggota TNI atau Polri, tidak sedang dicabut hak pilihnya, terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada dan berdomisili sekurang-kurangnya selama 6 bulan di daerah tempat tinggalnya.

Sementara untuk para pemilih yang berada di lembaga pemasyarakatan, KPU DKI tidak menyelenggarakan sosialisasi.

"Untuk di LP, kami menyebarluaskan pamflet dan brosur tata cara memilih beserta visi misi para calon gubernur wakil gubernur DKI," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com