Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foke Umbar Keberhasilan dan Yakin Banyak Dukungan

Kompas.com - 10/09/2012, 16:28 WIB
Galih Prasetyo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo memaparkan keberhasilannya selama lima tahun memimpin Jakarta. Pria yang akrab disapa Foke itu pun yakin dirinya layak dipilih kembali.

"Apa yang sudah kita kerjakan selama lima tahun ini. Kalau saya boleh ngomong, banyak pihak dan stakeholder mudah-mudahan sepakat melanjutkan (kerja saya sebagai gubernur)," kata Foke.

Hal itu dikatakannya dalam acara atau Festival Lebaran Betawi 2012 yang diselengarakan di daerah bekas lapangan Djabesmen, Jalan Perintis Kemerdekaan, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (10/9/2012).

Sejak 2007 masa jabatannya, Foke mengklaim apa yang dikerjakan untuk memecahkan permasalahan Jakarta sudah mulai terlihat. Seperti, kemacetan, kemiskinan, banjir dan pendidikan.

Misalnya saja, tutur dia, pembangunan kereta bawah tanah MRT yang masih dalam proses pengerjaan untuk mengatasi kemacetan, kemiskinan yang semakin menurun, dan juga teratasinya banjir. Dulu, kata Foke, Kelapa Gading terkenal dengan banjirnya. Tetapi saat ini terhitung menjadi daerah bebas banjir.

Soal kemiskinan, menurutnya, awal ia menjabat pendapatan orang Jakarta per kapita dikatakannya 6.400 USD. Sementara kini sudah mencapai 10.000 USD bahkan lebih.

Meski Foke mengakui bahwa secara statistik masih ada warga miskin, tetapi terus menurun dan terhitung tingkat kemiskinan di DKI lebih rendah ketimbang provinsi yang ada di seluruh Indonesia.

"Saya bicara indikator bukan mengarang. Bukan juga menjanjikan sesuatu. Orang Jakarta itu cerdas. Orang minta bukti karena semakin cerdas," tuturnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com