Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Densus Temukan Buku Jihad di Rumah Bojong Gede

Kompas.com - 10/09/2012, 16:35 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror menemukan buku-buku jihad, solder, kabel, dan baskom plastik besar di lokasi penggerebekan sebuah rumah di RT 03 RW 08, Kampung Warung Jambu, Desa Susukan, Kecamatan Bojong Gede, Kabupaten Bogor. Di lokasi itu, tim menemukan beberapa barang mencurigakan.

"Tadi kebetulan saya diminta masuk ke dalam sebagai saksi. Di sana memang ada kabel-kabel, solder, dan banyak buku soal jihad," kata Deny Iskandar, Ketua RW 08 di lokasi kejadian, Senin (10/9/2012).

Deny menuturkan, rumah itu hanya terdiri dari satu buah kamar, dapur, dan ruang tamu yang sekaligus ruang keluarga. Tidak ada perabotan sama sekali di rumah itu.

"Kompor dan gelas sama sekali nggak ada. Kayak bukan rumah untuk ditinggali, tapi seperti rumah hanya singgah saja, karena nggak ada perabotan," ucapnya.

Deny mengaku bahwa rumah itu sempat dihuni tiga orang pria yang tidak dikenalnya. Salah satunya bernama Anwar yang mengaku bekerja meracik bubur bayi.

Hanya sempat tinggal enam bulan, ketiga pria itu lalu pamit ke tukang bangunan di perumahan itu akan pindah ke Pasar Minggu pada Sabtu (8/9/2012) pagi. Tetapi, anehnya, mereka tidak membawa banyak barang layaknya orang akan pindahan tidak ada barang-barang yang dibawa layaknya orang pindahan rumah.

Diberitakan sebelumnya, tim Densus 88 Antiteror menggerebek rumah kosong di RT 03 RW 08, Kampung Warung Jambu, Desa Susukan, Bojonggede, Kabupaten Bogor. Di lokasi, petugas menemukan berbagai macam benda-benda mencurigakan.

Selain menggerebek rumah, tim juga memboyong Arif Hidayat (31) yang diduga mengenal tiga pria misterius itu. Arif hingga kini masih menjalani pemeriksaan intensif di Polres Kota Depok.

Penggerebekan ini diduga terkait dengan kasus ledakan yang berasal dari sebuah rumah Yayasan Yatim Piatu Pondok Bidara, Jalan Nusantara Raya, Depok, Jawa Barat pada Sabtu (8/9/2012). Di dalam peristiwa itu, seorang pria mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya. Polisi menduga bahwa rumah itu dijadikan gudang persenjataan dan bahan peledak kelompok teror.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com