Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Mobil Pemadam Kebakaran Jauh Dari Ideal

Kompas.com - 12/09/2012, 18:52 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

PALANGKARAYA, KOMPAS.com - Jumlah mobil pemadam kebakaran di Palangkaraya, Kalimantan Tengah masih jauh dari ideal. Saat ini hanya tersedia empat mobil sementara jumlah idealnya 22 unit. Itu pun, satu mobil sudah tidak bisa digunakan karena sangat tua.

Menurut Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Pemadam Kebakaran Palangkaraya, Wawan Berlison di Palangkaraya, Rabu (12/9/2012), mobil yang sudah tak bisa dioperasikan itu kini hanya tersimpan di pelataran parkir. Mobil itu sudah berusia sekitar 40 tahun.

Wawa mengatakan, kebutuhan 22 unit mobil ters ebut dihitung berdasarkan standar International Fire Chiefs Association of Asia (IFCAA) yang menetapkan, setiap 10.000 penduduk dilayani satu unit mobil. Sementara, jumlah penduduk Palangkaraya sebanyak 220.223 orang.

Jumlah mobil itu juga berdasarkan standar di Tokyo, Jepang. Di sana, setiap mobil disediakan untuk setiap 10.000 penduduk, ujar Wawan. Selain mobil, para petugas pemadam kebakaran juga terkendala panjang selang yang tak memadai. Pada awal September 2012 misalnya, terjadi kebakaran lahan.

"Selang hanya bisa menjangkau 100 meter. Sementara, panjang yang dibutuhkan 800 meter. Sudah larut malam pula. Pandangan terbatas dan banyak ular di lokasi kebakaran," ujarnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com