Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kodam Jaya Kerahkan 22 SSK Amankan Pilkada DKI

Kompas.com - 13/09/2012, 13:55 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Panglima Kodam Jaya Mayjen Hudawi Lubis mengatakan, situasi keamanan wilayah Ibu Kota menjelang Pemilukada putaran kedua cukup kondusif. Meski demikian, Kodam Jaya akan turut membantu pengamanan dengan menyiapkan pasukan khusus.

"Kami telah menyiapkan pasukan sebanyak 22 SSK untuk diperbantukan Polda Metro Jaya. Pasukan itu disiapkan di sejumlah titik strategis," ujarnya usai ramah tamah dengan Gubernur DKI Jakarta di Kodam Jaya, Cawang, Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (13/9/2012) pagi.

Sebanyak 22 SSK (Satuan Setingkat Kompi) tersebut terdiri dari 2.200 pasukan. Seluruhnya akan disiapkan guna membantu aparat kepolisian mulai dari H-1 hingga H+1 Pilkada putaran kedua, 20 September 2012 mendatang. Jika dalam keadaan darurat, pasukan itu siap diterjunkan.

Terkait aksi teror yang marak terjadi, Panglima menampik pihaknya akan mengadakan simulasi antiteror. Pasalnya, kegiatan semacam itu dilakukan rutin setiap tahun. Untuk itu, Panglima berharap masyarakat DKI Jakarta harus ikut mengamankan pesta demokrasi lima tahunan itu.

Sementara, Fauzi Bowo mengungkapkan bahwa dalam pertemuannya dengan Panglima TNI kali ini, ia tidak membahas agenda khusus Pilkada. Fauzi Bowo menyerahkan sepenuhnya tanggung jawab pengamanan kepada pihak-pihak yang terkait. Dia percaya, masyarakat DKI mampu menjaga keamanan dan ketertiban jelang Pilkada.

"Kami berharap pengamanan wilayah Ibu Kota dapat terus ditingkatkan. Keberadaan TNI/Polri memang sangat dibutuhkan untuk pengamanan wilayah. Sebab untuk menjaga stabilitas keamanan dan memegang semua unsur yang ada bukanlah hal yang sederhana," ujarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com