Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Leo Bukan Target Perompak

Kompas.com - 13/09/2012, 18:52 WIB
Kris R Mada

Penulis

BATAM, KOMPAS.com — Kapal tunda HM Leo I yang dirompak di perairan Batam, Kepulauan Riau, ternyata bukan sasaran utama. Perompak menarget kapal lain yang lebih dahulu lewat.

Kepala Polda Kepulauan Riau Brigadir Jenderal (Pol) Yotje Mende mengatakan, komplotan perompak itu menyasar kapal tunda kayu yang melewati Selat Riau. Namun, hasil jarahan itu tidak memuaskan.

"Sekitar 20 menit setelah mereka beraksi di kapal kayu, kapal HM Leo I lewat," ujarnya, Kamis (13/9/2012), di Batam.

Karena itu, mereka menyerbu kapal yang menarik tongkang Prince Capricorn III tersebut. Delapan perompak mendekati kapal dengan perahu cepat. Saat perahu merapat ke kapal tujuh perompak naik ke kapal dan satu perompak lainnya menjaga perahu. Mereka melumpuhkan anggota Brimob yang mengawal kapal terlebih dahulu. Selanjutnya, mereka melumpuhkan 10 awak kapal yang kemudian dikumpulkan di ruang makan dalam keadaan terikat.

Dalam insiden pada Selasa (4/9/2012) dini hari, perompak menjarah harta benda awak kapal. Mereka juga merampas satu senapan Steyr AUG serta satu magasin peluru milik anggota Brimob pengawal kapal.

Rabu lalu dan Kamis ini, empat dari delapan perompak itu tertangkap. Empat lainnya masih diburu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com